Ibu Hamil Yang Terinfeksi HIV Belum Tentu Lahirkan Anak Positif HIV

Ibu Hamil Yang Terinfeksi HIV Belum Tentu Lahirkan Anak Positif HIV(lifestyle.sindonews.com)-Tak banyak yang tahu ibu rumah tangga (IRT) jadi kelompok yang rentan mengidap HIV/AIDS. Data Kemenkes dari 2009-2019, terhitung 16.854 ibu rumah tangga yang mengidap HIV/AIDS. Fakta ini menjadikan IRT sebagai kelompok terbanyak ke-2 yang terjangkit penyakit fatal itu.

 

Yang pertama adalah tenaga nonprofesional atau karyawan, yang jumlahnya mencapai 17.887 jiwa. Bukan hanya harus berjuang melawan penyakitnya, orang dengan HIV/AIDS (ODHA) harus tabah menghadapi stigma negatif terhadap mereka.
Timbulnya stigma ini akibat dari kurangnya pengetahuan masyarakat pada penyakit yang menyerang sistem imunitas tubuh ini. Seperti dialami Yurike Ferdinandus, IRT yang akrab disapa Yoke. Ia hidup dengan HIV (Human Immunodeficiency Virus) di tubuhnya sejak 2008.

 

Ia bercerita, di bulan September 2008, sepeninggalan suami, perawat di RSUD Denpasar mengajak Yoke bicara mengenai kondisi suami sebelum meninggal, yang positif HIV. Hal ini membuat dirinya sebagai istri  berisiko dan perlu diperiksa sesegera mungkin.
Di bulan yang sama, ibu 3 anak ini langsung menjalani rangkaian tes pemeriksaan HIV guna mengetahui status kesehatannya. Saat itu ia punya putri ketiga berusia di bawah lima tahun dan sekaligus menjalani pemeriksaan. Seperti diduga, ia positif HIV. Mendapat kabar buruk itu, Yoke hanya bisa menyendiri.
Ia sempat memisahkan diri dari ketiga anaknya, Yoga, Wisnu, dan Nyoman. Dalam momen kesendirian, Yoke merawat dirinya seorang diri tanpa pengobatan. Bukan mudah bagi Yoke untuk menerima keadaan dirinya yang terjangkit HIV. Cibiran masyarakat tidak terkecuali keluarga, harus ia terima. Tapi yang terberat adalah putri ketiganya Nyoman, juga terinfeksi HIV sejak lahir.

 

“Saya pas hamil itu ada gejala HIV, ada herpes di bagian mata. Dikumpulkanlah dokter kandungan, dokter spesialis mata, dan dokter kulit. Tapi, pas itu saya belum peka karena enggak menduga terinfeksi HIV,” ungkap Yoke.
Ketidaktahuan Yoke pada kondisinya mengidap HIV itu membuat Nyoman pada akhirnya juga terinfeksi. Meski begitu, tidak semua kasus ibu hamil dengan kondisi HIV positif akan melahirkan anak dengan kondisi HIV positif pula.
Seperti dijelaskan dr. Ivanna Theresa Setijanto, Sp.OG dari RS St Carolus, Jakarta, “ibu positif HIV pasti bisa melahirkan anak negatif HIV statusnya, asalkan dia minum obat ARV-nya teratur. Obat ARV ini akan menekan jumlah virus sampai rendah. Kalau virus sudah sangat rendah, maka kalau dia hamil anaknya bisa negatif HIV,” jelas dr. Ivanna.
Masalahnya, bila ibu terlanjur hamil tapi belum tahu status kesehatannya, maka biasanya dilakukan pemeriksaan atau tes. Tes HIV umumnya dibarengi dengan tes kesehatan infeksi lain, seperti hepatitis dan sifilis. Melalui tes ini, bila ditemukan ibu mengidap HIV, dokter dapat segera mengambil tindakan atas terapi pengobatannya.
Tujuan obat ARV selama kehamilan ini berlaku untuk proses melahirkan. Meski penularan virus HIV dapat terjadi melalui cairan vagina, hal ini tak berarti ibu dengan HIV positif tidak bisa melahirkan dengan cara normal. Ibu yang positif HIV bisa melahirkan normal dengan syarat proses persalinannya normal tanpa komplikasi, misalnya ketuban tidak pecah sebelum waktunya atau lebih dari empat jam.

 

(don; Bahan dari : Koran Sindo dan https://lifestyle.sindonews.com/read/1483111/155/ibu-hamil-terinfeksi-hiv-belum-tentu-lahirkan-anak-positif-hiv-1577672440)-FatchurR *

One Response to Ibu Hamil Yang Terinfeksi HIV Belum Tentu Lahirkan Anak Positif HIV

  • HIV-AIDS, penyakit ganas tak tersembuhkan menghantui dunia krn sdh jd rabasia umum bila laki2 biang penularan akibat suka jajan istilah kerennya, juga melalui jarum suntik yg dipakai bersama oleh komunitas pengguna narkoba. Dlm penanggulan penyakit ini PBB berperan aktif membagi obatnga dg gratis yg brs diminum seumur hidupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita