logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Pembaharuan Kereta Cepat Jepang

Kereta Cepat di jepang n700s(travel.detik.com)-TOKYO; Jepang memperkenalkan kereta cepat yang terbaru. Kereta cepat ini dijamin lebih ramah lingkungan dan canggih. Melansir CNN Travel (17/4/18), kereta cepat ini meyambut Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020.

 

Adalah perusahaan Central Japan Railway Co. yang meluncurkan model baru keretanya, bernama Shinkansen N700S atau Shinkansen Supreme. Kereta Shinkansen Supreme lebih ramping dan tenang saat berjalan. Perjalanan resmi melewati Tokaido Shinkansen Line, perjalanan antara Tokyo-Osaka, pada tahun 2020. Pengetesan rangkaian gerbong Shinkansen Supreme pada Maret 2018.

 

“Seri N700S didesain ulang meliputi bagian fasilitas utama dan peralatannya. Kami telah menghasilkan kereta yang melambangkan era baru untuk Tokaido Shinkansen Line” kata Masayuki Ueno, Wakil Dirjen Divisi Operasi Shinkansen JR Tokai.

Selain logo baru, seri N700S atau Shinkansen Supreme menawarkan sejumlah teknologi terkini. Dibanding seri N700A, yang memulai layanannya (2013), seri Shinkansen Supreme akan memiliki bentuk kepala lebih melengkung.

Desain hidung Shinkansen Supreme disebut ‘dual Supreme wind’ akan mengurangi kebisingan ketika memasuki terowongan dan mengurangi hambatan udara. Shinkansen Supreme juga memiliki bobot 11 ton lebih ringan dari generasi sebelumnya.

 

Faktor Shinkansen Supreme lebih ringan berkat semikonduktor silikon karbida baru dan didukung sistem pendinginan udara alami. Oleh karenanya kereta Shinkansen Supreme mengkonsumsi lebih sedikit energi. Teknologi terbaru yang diterapkan di N700S juga mempersingkat waktu dalam sistem pengeremannya.

Peralatan di bagian bawah Shinkansen Supreme telah disederhanakan dan memungkinkan fleksibilitas penyesuaian rangkaian gerbong. Biasanya, ada varian 16 rangkaian gerbong dan dapat dilepas menjadi 8-12 gerbong saja.

Diharapkan fleksibilitas ini akan membuat model Shinkansen Supreme menarik minat pembeli luar negeri. Namun, dalam hal kecepatan, model Shinkansen Supreme yang baru tidak akan lebih cepat dari seri sebelumnya, yakni berkecepatan maksimum 300 km/jam.

 

Interior model Shinkansen Supreme juga telah mengalami perubahan. Kini, semua kursi penumpang sudah dilengkapi dengan soket listrik untuk mengisi baterai perangkat elektronik.

Penumpang yang naik gerbong hijau (kelas satu) menikmati leganya ruang kaki sebanyak 15%. Desain baru lain di bagian kompartemen di atas kepala yang akan menyala sebagai pengingat kepada penumpang ketika kereta mendekati stasiun tujuan mereka. (msl/aff; Ahmad Masaul Khoiri; Bahan dari : https://travel.detik.com/travel-news/d-3976676/pembaruan-kereta-cepat-jepang-lebih-wah)-FatchurR

One Response to Pembaharuan Kereta Cepat Jepang

  • Harry Reksosamudra says:

    Shinkansen Supreme N700S dibuat lbh nyaman lbh ringan jg aerodinamisnya disempurnakan, praktis menghemat bahan bakar. Otomatis banyak penghematan terjadi, baik materialnya yg beda 11 ton, bahan bakar, noising gesekan angin, design interior dll, harapan model terbaru ini, bisa menembus pasar export yg lbh luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita