logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Keanehan Masjid Tiban Malang(2/3)

4-cerita-keanehan-masjid-tiban-malang-yang-dipercaya-warga(merdeka.com)-Masih lanjutan dari seri kedua Masjid Tiban :

2-Ruang Masjid punya khasiat

Masjid Tiban / Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah dirancang pendirinya, KH Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam.

 

Tiap kamar yang dibangun atas petunjuk dari salat istikhoroh Romo Kiai Ahmad. Pembangunan selalu menunggu istikhoroh, hingga urusan ukuran kamar, ornamen, warna cat dan hiasan yang digunakan.

“Dasarnya istikhoroh. Ini dibangun di sana, sesuai ukurannya. Kalau kebesaran sedikit pasti disuruh bongkar. Setiap kamar memiliki manfaat sendiri2” kata H Mustafa, pengurus kepada merdeka.com. “Istkhoroh itu dilakukan agar bisa menyambungkan sama Allah,” ujar Mustafa melanjutkan.

Manfaat kamar2 itu juga menunjukkan keikhlasan orang2 yang membangun. Semakin ikhlas semakin memberikan manfaat kepada orang lain. Pembangunan kamar atau ruangan dengan desain2nya dibiayai jamaah. Mereka mengerjakannya gotong royong sesuai kemampuan. Ada yang membantu tenaga, serta ada yang membantu biaya.

“Karena untuk kemaslahatan kami tidak pernah menghitung biaya yang dikeluarkan. Mungkin sudah puluhan atau ratusan miliar enggak tahu. Kita juga masih terus membangun” katanya. Sekitar 325 santri menetap bersama keluarganya. Mereka tinggal di lingkungan pesantren, sambil mengembangkan usaha pesantren. Jumlah santri yang tidak menetap jumlahnya mencapai ribuan.

Rudy, asal Sepanjang, Sidoarjo, mengaku menjalani riadoh bersama 30 temannya. Riadoh itu istilah yang digunakan santri atau jamaah untuk mengabdikan diri demi mendapatkan ridlo Allah semata. Rudy dan kawan2 setiap Sabtu dan Minggu ikut membangun pesantren sebagai bentuk membersihkan hati.

Selama melakukan riadoh, Rudy kenal dengan jamaah2 lain yang melakukan hal serupa. Mereka berasal dari daerah2 diantaranya Samarinda, Jakarta, Lamongan, Bandung, Banyuwangi dsb. Rudy juga membantah kalau pesantren dibangun oleh tentara jin. “Jinnya ya kayak kita2 ini. Semua ikhlas membantu tenaga, kalau ada rizki bisa dengan uang,” katanya.

 

(Poppy Dunda; Mohamad Taufik; sumber dari https://www.merdeka.com/peristiwa/4-cerita-keanehan-masjid-tiban-malang-yang-dipercaya-warga.html)-FR *** Bersambung………….

One Response to Keanehan Masjid Tiban Malang(2/3)

  • Harry Reksosamudraser. says:

    Segala yg dikerjakan secara gotong royong holopis kuntul baris disertai keseriusan juga ikhlas, hasilnya spt yg terjadi di Turen Malang, disebut Mesjid Tiban
    Nama pemberian warga sekitar yg jg sdh tersohor seantero Nusantara bahkan mendunia krn jg disebutkan dalam internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita