logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Asal usul lagu happy birthday dalam puluhan bahasa

happy birthday(hiburan.metrotvnews.com)-Senior saya yang kini tinggal di jerman (PD-A61), mengingatkan saya bahwa tanggal 14/6/18 senior kita yang lain (HRS-A61), yang istananya di Kenjeran akan menyanyikan Happy birth Day karena akan merayakan HUT nya yang berkepala 7. Tapi kali ini PD berbagi tentang lagu itu.

 

Los Angeles; Lagu “Happy Birthday” akhirnya dibebaskan dari hak cipta yang selama ini mengikatnya, menyusul keputusan sidang yang menyatakan lagu ini harus “didedikasikan untuk keperluan umum dan berada dalam domain publik.”

Keputusan ini muncul setelah 80 tahun perusahaan film dan rumah2 produksi diwajibkan bayar kepada Warner / Chappell Music Inc untuk menggunakan lagu ini. Hakim Distrik AS, George H. King mengeluarkan keputusan pada (22/9/15); perusahaan penerbitan musik itu tidak bisa lagi mengumpulkan royalti atas lagu “Happy Birthday.”
Menurut Hakim King, Warner / Chappell  tidak memiliki hak cipta yang valid atas lirik lagu yang paling banyak dinyanyikan di dunia ini. Dalam putusan setebal 43-halaman itu King menjelaskan, hak cipta lagu “Happy Birthday” yang diperoleh Clayton F. Summy Co dari penulisnya, hanya mencakup aransemen musiknya (melodi lagu) saja dan bukan liriknya.

Dengan keputusan ini, Hakim King memberikan kemenangan kepada gugatan yang diajukan tahun 2013 oleh Good Morning To You Productions Corp, yang menggarap film dokumenter berjudul “Happy Birthday.”  Perusahaan itu menentang hak cipta Warner/Chappell, dengan alasan lagu itu harus “didedikasikan untuk umum dan berada dalam domain publik.”

“‘Happy Birthday’ akhirnya bebas setelah 80 tahun,” kata Randall Newman, seorang pengacara dari penggugat. “Akhirnya, sandiwara sudah berakhir. Ini luar biasa.”

Good Morning To You Productions Corp menggugat Warner/ Chappell atas kerugian finansial dan pengembalian biaya lisensi yang telah dikumpulkan Warner/ Chappel selama 80 tahun, yang nilainya ditaksir lebih dari USD5 juta. Marshall Lamm, juru bicara dari penggugat mengatakan, masalah ganti rugi itu ditentukan kemudian.

Ruypa Marya dari grup musik Ruypa & The April Fishes, yang memperjuangkan gugatan yang sama, memuji keputusan pengadilan. Marya harus  bayar USD455 ke Warner/ Chappell untuk memasukkan lagu “Happy Birthday To You” pada album live-nya, saat rekan2 segrupnya dan penonton menyanyikan lagu itu sehari sebelum ulang tahunnya.

Warner/ Chappell menyatakan, bahwa pihaknya tidak berusaha mengumpulkan royalti dari mereka yang menyanyikan atau menampilkan lagu ini di depan publik. Warner/ Chappell  hanya menargetkan mereka yang menggunakan lagu itu untuk tujuan komersial, seperti pembuatan film atau rekaman lagu.

“Kami sedang menyimak opini panjang pengadilan dan mempertimbangkan pilihan kami selanjutnya,” kata perwakilan dari Warner/ Chappell. Hakim King menguraikan detail awal mula terciptanya lagu “Happy Birthday To You.” Dikatakan, lagu selamat ulang tahun ini berasal dari lagu anak2 populer, “Good Morning to All.”

“Good Morning to All” ditulis Mildred Hill dan Patty Hill sebelum (1893). King mengatakan, Hill bersaudara menyerahkan hak cipta lagu itu dan lagu2 mereka yang lain kepada Clayton F. Summy. Clayton F. Summy kemudian mendaftarkan hak cipta lagu ini (1935) dan menerbitkannya di buku berjudul “Song Stories for the Kindergarten.”

“Asal-usul lirik lagu ‘Happy Birthday’ kurang jelas,” Referensi pertama tentang lirik “Happy Birthday To You” muncul dalam artikel tahun 1901 di the Inland Educator dan Indiana School Journal. Liriknya yang utuh, tidak muncul di media cetak sampai (1911).

Sejak itu, “Happy Birthday To You” jadi lagu terkenal dalam bahasa Inggris, menurut Guinness World Records. Lagu ini juga telah dinyanyikan dalam berbagai bahasa yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia. (Poppy Dunda-A61; sumber : independent.co.uk  dan AWP; Adi Waluyo; Bahan dari :  http://hiburan.metrotvnews.com/read/2015/09/23/434205/setelah-80-tahun-hak-cipta-lagu-happy-birthday-akhirnya)-FR

Catatan : Pada tanggal 14/6 adalah HUT dari 3 Tokoh yaitu :

a-Presiden Donald Trump  merayakan HUT  dan Disambut meriah oleh warga AS dan keluarga tercinta

b-Berlainan dengan Kennedy yang disambut oleh marilyn monroe

c-Kita tunggu kabar dari senior kira HRS-A61, mau ber-HUT tahun ini apakaah juga mengundang minimal d- Anda bisa juga meng-klik : https://i.ytimg.com/vi/EqolSvoWNck/hqdefault.jpg (FR)

16 Responses to Asal usul lagu happy birthday dalam puluhan bahasa

  • Selamat siang TemanWA

    Tanggal empatbelas,isuk,kawankawan
    Bersama berjubel bermotor ke Kenjeran
    Liwat jembatan numpak jaran
    Ngunjungi Harry akan merayakan

    Satu dua tiga dan empat
    Umurmu Harry ,24 imbuh separo abad
    Kategori WHO,termasuk tua remaja
    Biarpun pangkatmu sekarang opa

    Buah manggis rasanya manis
    Tidaklah kalah enaknya duku
    Siapakah gerangan pemuja Elvis
    Sampai sekarang ,Harry yang dulu

    Beramai ceria joget menari
    Dihari lahirnya Trumpy dan Harry
    Terhias meja makanan beraneka
    Jajan pasar tidak terlupa

    Ikan bakar,baso dan ketupat
    Umurmu saiiki pituh papat🌷
    Mohon Gusti semoga sehat
    Doa istri keluarga dan sejagat

    Duduk bersama,makan bersama
    Karaoke menghias penuh irama
    Perut kenyang hatipun senang
    Gak kroso wis bengi,marilah pulang

    Iringan doaku,kawan seko Jerman
    Semoga sehat
    Melimpah berkat
    Hidup sentosa aman dan nyaman🌷🎉🎈🎂

  • Ternyata ada udang dibalik artikel lsgu Hsppy Birthday yg dibuat oleh Thabib Dr Poppy, terimakasih & danke atas ucapan dan puisi indah yg sempat2nya dibuat beliau. Inilah ucapan ulang tahun termanis dan pertama kalinya sy terima, selama kurun waktu 55 th kenal yg akan jd kenangan sepanjang jalanku. Mohon maaf jika ada perbuatan/kata2 ku yg tdk berkenan dihati.
    Kudoakan jg hidupmu senang & berbahagia, krn hanya ini saja yg ada pd diriku, Semoga barokah Allah besertamu. AMIN

  • Fatkhurr says:

    Saya juga mendoakan yang sama buat yang tinggal di Surabaya dan di Jerman

  • Harry Reksosamudrasam says:

    Terima kasih doa buat kami, sy juga mendoakan pd hari yg Fitri penuh barokah, agar cak FR beserta ibu Lurah, anak, menantu dan cucu, diberi ridho Allah kesehatan, berkat jasmani & rohani, berbahagia dlm hidup.
    Juga bagi keluarga Thabib Dr Poppy pd kesempatan yg Fitri ini, materi doa yg sama, sy panjatkan dihadirat Allah.
    Mohon diralat pangkat dlm keluarga seperti yang disebut Thabib Dr Poppy buat saya *”OPA”* semestinya adalah GRAND OPA kalau bhs Chinesenya THAYKONG hehe, katanya golongan TUA REMAJA sudah punya CICIT, tolong cak FR sebutno bhs Jowo ne opo, kamsia.

  • Harry Reksosamudrasam says:

    Wah banyak yg bisa dkontra koment Thabib Dr Poppy, beliau msh iling potongan rambut sy dikala remaja aseli, kan skrg sdh remaja tuwir. Mmg kala itu Elvis Presley “The King of Rock n Roll” lagi ngetrend, model rambutnya yg dirasa cocok buat kepala sy yg ckp besar ini, agak cocok, dg jambul tinggi, kepala besar bisa jd tirus lbh tinggi, jd besarnya dikamuflase memanjang keatas. Prosesnya cukup merepotkan makan waktu serta peralatan spt gunting sumpit dg pemanas listrik, hair spray serta pomade Lavender yg mahal krn barang import dr Inggeris, emulsinya berwarna hijau dg harum bunga lavender.

  • Sidharta says:

    Puisi yg indah yg penuh makna dan kenangan masa2 remaja saat di SMAK. Saya ikut menjadi saksi hidup ke 2 sahabar ini. Hm hm hm ….anu tahulah semoga kita semua diberi panjang umur, kesehatan dan bisa berkumpul lagi bersenda gurau bersama. Tuhan memberkati kita semua. Amin!

  • Sidharta says:

    anu = aku*

  • Harry Reksosamudrasam says:

    Kenangan disaat usia keemasan dg pernik2 lagak gaya anak remaja, meski setengah abad berlalu, merupakan harta tak ternilai tersimpan dilubuk sanubari terdalam.
    Dlm pertemuan reuni, pasti kita berkumpul bercanda dg membawa suasana keakraban masa lalu.
    Terima kasih buat teman2 yg sdh mengucapkan HBD jg kenang2an dlm bentuk apapun, akan tersimpan dg baik jg jd kenangan dimasa tua.

  • Harry Reksosamudrasam says:

    Sdh di hati2 komentar dowo2, merat lagi

  • Pertanyaan sy kpd bpk Redaktur Fatchur Rochman belum terjawab(koment ke 4) alinea terakhir mengenai :
    Sebutan dlm bhs Jowo, spt saya dan isteri ini, sudah punya CICIT tolong dijawab ya Cak.

  • Fatkhurr says:

    Siap, akan disajikan urutan keturunan. Hanya soal eaktu.

  • Harry Reksosamudrasamkek says:

    Komentar Thabib Dr Poppy diawali dengan :
    “Selamat Siang Teman WA”
    Pd bagian bawah ada disebutkan :
    “Gak keroso wis bengi, marilah pulang”
    Lumayan bikin komentar ini dari siang hari dan selesainya sp malam, opo boyoke gk kiyu ta ??

  • Fatkhurr says:

    Senang itu sering melupakan waktu

  • Harry Reksosamudrasamkek says:

    Iya betul cak podo karo anda yg senang melayani alumni Telkom & AMDP, berasa senang sampai lupa klo boyok nya bermasalah, semoga Allah memberi kesembuhan
    Gbu Amin !!!

  • Fatkhurr says:

    Aamiin doanya. Terima kasih

  • Harry Reksosamudrasamkek says:

    Terima kasih kembali cak, semoga keturutan sembuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita