logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Menghilangkan Ngiler saat Tidur

Menghilangkan Ngiler saat Tidur(merdeka.com/sehat)-Tiap orang bisa jadi pernah ngiler saat tidur. Bagi sebagian orang kebiasaan ini  memalukan, padahal ngiler saat tidur itu wajar. Anda tak perlu khawatir karena ada tips  menghilangkan kebiasaan ngiler saat tidur. Berikut tips menghilangkan ngiler dikutip dari hallosehat:

 

1-Ubah posisi tidur

Jika Anda selama ini suka tidur menyamping atau tengkurap, kini waktunya coba mengubah posisi tidur favorit Anda. Coba biasakan tidur telentang dengan menyisipkan guling atau bantal tebal di kedua sisi tubuh, dan di bawah lutut agar Anda tidak berguling pindah posisi di tengah malam.

 

Cari juga bantal tidur yang tak terlalu keras atau terlalu tinggi. Leher tidak harus mendongak atau justru terkulai menunduk selama tidur, cukup disangga sehingga kepala tetap sejajar dengan punggung atas dan tulang belakang. Posisi tubuh ini bisa menampung air liur di tenggorokan dan gaya gravitasi membantu mencegah air liur keluar merembes dari mulut.

 

2-Kurangi makanan manis

Cobalah batasi makanan manis dan bergula sebagai cara menghilangkan ngiler saat tidur. Banyak makan makanan manis bisa merangsang produksi air liur. Semakin banyak gula yang Anda makan, semakin banyak liur yang diproduksi dalam mulut.

 

3-Berobat ke dokter

Jika liur yang keluar selama tidur malam sangat berlebihan sampai tampak seperti banjir,  konsultasikan ke dokter. Apalagi jika sampai disertai gejala lain misalnya kesulitan bernapas atau pembengkakan bibir atau wajah. Ngiler yang parah bisa menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit.

 

Produksi air liur yang terlalu banyak juga berisiko menyebabkan Anda tersedak saat tidur yang bisa membahayakan. Ketika menarik napas, liur yang menggenang dapat mengalir masuk ke dalam paru-paru dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi paru-paru yang disebut pneumonia aspirasi.

 

4-Obati alergi dan Sinus

Infeksi sinus, pilek, dan alergi yang kambuh bisa bikin tidur tak nyenyak sampai mengiler karena hidung tersumbat. Minum dulu obat Anda sebelum tidur agar bisa bernapas lega selama tidur. Kebanyakan obat flu, alergi, dan pilek bisa dibeli di apotek atau toko obat tanpa harus menebus resep. (Desi Aditia Ningrum; Bahan dari : https://www.merdeka.com/sehat/4-tips-hilangkan-ngiler-saat-tidur.html)-FatchurR *

One Response to Menghilangkan Ngiler saat Tidur

  • Ngiler waktu tidur mmg hal paling tdk meyenangkan tp peristiwa gini boleh dikata setiap org mengalami.
    Ilustrasi dlm artikel ini, menyiratkan ada resiko fafal, oleh krnnya konsultasikan pd dokter langganan utk mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita