logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Tanda tubuh alami penuaan

Tanda tubuh alami penuaan(lifestyle.kompas.com)-Ketika bicara mengenai penuaan dan tanda2nya, banyak yang menghubungkan penuaan dengan kerutan wajah. Namun, penuaan bisa datang lebih awal dari kerutan di wajah. Penuaan datang saat seseorang berhenti tumbuh yaitu sekitar usia (25).

 

Di usia ini, banyak yang tidak sadar proses penuaan sudah dimulai, dan karenanya tidak mengambil langkah2 yang dapat memperlambat laju penuaan itu. Apa cirinya jika tubuh mulai mengalami penuaan? Beberapa tanda penuaan fisik telah dimulai di antaranya:

 

1-Sulit tidur

Sulit tidur sering dialami banyak orang. Jadi tak heran jika gangguan tidur sulit diartikan sebagai permulaan proses penuaan. Tapi bila kita terbiasa tidur nyenyak sebelumnya, dan mengalami perubahan pola tidur sehingga mengganggu aktivitas harian, ini tidak dapat dianggap sepele.

 

Penuaan menyebabkan produksi hormon melatonin berkurang sehingga dapat memicu gangguan pada pola atau ritme tidur. Gangguan tidur ini berupa sulit tidur atau justru berupa mudah tertidur siang hari.

 

2-Merasa kurang bertenaga

Saat masih muda, tubuh terasa selalu berenergi. Kerja berat, OR, dan tidur larut malam dapat dijalani tanpa kesulitan. Jika kini tubuh kurang berenergi padahal aktivitas harian tidak berat, hati2. Bisa jadi ini awal dari proses penuaan tubuh. Energi dalam tubuh dihasilkan dari proses pernapasan yang dibantu asupan makanan.

 

Dalam proses ini, ada bangunan bernama mitokondria yang berperan aktif mengubah oksigen menjadi energi bagi tubuh. Jika tubuh memasuki proses penuaan, akan terjadi penurunan fungsi dan jumlah dari mitokondria. Hal ini tentunya berpengaruh pada pembentukan energi tubuh.

 

3-Punggung tangan kusam dan kasar

Punggung tangan bisa jadi bagian terakhir kita perhatikan. Beda dengan wajah, punggung tangan terpapar lebih banyak radikal bebas dan bergerak lebih aktif sehingga proses penuaan terjadi lebih awal. Kerutan, kusam, dan kering itu gejala penuaan di area ini. Belum lagi paparan sinar matahari yang mengenai punggung tangan hampiretiap saat kita beraktivitas di luar ruangan.

 

4-Rambut rontok

Bicara tentang rambut dan penuaan, yang terbayang itu uban. Berkurangnya pigmen rambut atau uban sering dikaitkan penuaan. Tapi, uban juga dipengaruhi genetik. Maka, tak jarang orang muda dan segar punya uban dan orang2 paruh baya rambutnya hitam legam. Beda dengan kerontokan rambut.

 

Kerontokan rambut erat kaitan dengan hormon tubuh. Penurunan hormon testosteron memicu kerontokan rambut cukup banyak dan berkelanjutan. Penurunan hormon itu dikaitkan dengan laju penuaan tubuh. Makin tua seseorang maka produksi hormon testosteronnyamakin berkurang.

 

5-Mata lelah

Mata salah satu tanda penuaan yang lebih awal terlihat. Seiring tambahnya usia, kulit di sekitar mata mengalami penurunan kolagen dan elastin yang membantu membuat area mata lihat sehat. Menipisnya kulit di area ini menyebabkan munculnya kantung mata dan lingkaran hitam sekitar mata.

 

Kedua tanda ini jangan diabaikan, karena penurunan kolagen di area ini akan diikuti oleh area wajah lainnya tanpa perawatan yang tepat. Nah, sudah tahu kan 5 tanda awal penuaan tubuh? Jika sudah mengalaminya, jangan khawatir. Segera lakukan pencegahan dengan perawatan anti-aging yang tepat.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “5 Tanda Tubuh Mulai Mengalami Penuaan”, Editor : Wisnubrata : Hellosehat dan https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/15/094700020/5-tanda-tubuh-mulai-mengalami-penuaan)-FatchurR

5 Responses to Tanda tubuh alami penuaan

  • Harry Reksosamudraser. says:

    Sebelum terlambat mulailah minum anti aging sesuai petunjuk dlm artikel ini, makan & OR juga tidur cukup, buatlah suasana hati & keluarga bergembira dg berbagai cara. Maka anda akan awet muda, disamping itu hrs ckp mendpt sinar matahari bg tubuh, rutinitas ini jng dijadikan beban, tapi lakukan tanpa keterpaksaan, niscaya kita akan awet muda

  • Fatkhurr says:

    Penuaan itu pasti terjadi, hanya bisa diperlambat sesuai aturannya untuk hidup sehat

  • Harry Reksosamudraser. says:

    Penuaan hanya soal waktu, hati gembira inti dr awet muda, yg tercermin dlm wajah

  • Sidharta says:

    Hidup penuhilah dg rasa bersyukur, yg akan membawa Positive Mental Attitude dbg the way of life kita, akan banyak senyum dan tawa sepanjang hari. Berani mencoba agar tetap awet muda? Harus brtani!

  • Harry Reksosamudraser. says:

    Optimis dg PMA yg disampaikan pak Ketua, tentu rasa optimis tercermin diwajah, jd sumringah bersinar meski sudah tuwir bg AMIGO setingkatan kita yg rata2 sdh usia 7up. Tapi perlu juga adanya usulan Thabib AMIGO yg mukim di Jerman, diantara yg tuwir2 ini saling nggombal bisa membahagiakan msg2, se7 pak ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita