logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Lima Fakta Tentang Serat

Lima Fakta Tentang Serat (1health.id)-Serat penting untuk kesehatan pencernaan. Hasil studi bahwa serat membantu mengurangi berat badan dengan membuat Anda kenyang lebih lama. Tidak heran, banyak orang yang menjalankan program diet, mengonsumsi banyak makanan berserat. Berikut fakta2 seputar serat yang wajib diketahui.

 

Ada 2 jenis serat

Serat terdiri dari dua jenis, serat larut dan tidak larut air. Serat larut air terdapat pada kacang almond, oat, brokoli, wortel, serta buah2an. Serat tidak larut banyak terdapat di gandum utuh, biji-bijian, daun-daunan hijau serta alpukat. Kedua serat ini perlu dikonsumsi untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

 

Sajikan 5 gram serat dalam tiap sajian makanan

 

Untuk memenuhi kebutuhan serat harian, pastikan Anda memasukan 5 gram serat dalam tiap sajian makanan. Contohnya, menambahkan salad bayam dengan sayur2an segar akan memberi lebih banyak serat dalam satu sajian makanan.

 

Serat memerlukan air untuk bekerja

Anda wajib menambah serat ke dalam makanan Anda. Tapi jangan lupa memenuhi kebutuhan air Anda. Karena, serat tidak dapat bekerja dengan baik tanpa air. Jadi perhatikan asupan keduanya.

 

Jus berbeda dengan buah segar

Tahukah Anda kandungan jus buah dan buah segar berbeda. Buah segar mengandung serat lebih banyak dibanding jus. Jika ingin menjadikan buah sebagai minuman tanpa kehilangan jumlah seratnya, cobalah untuk membuat smoothies.

 

Banyak orang tidak cukup mengonsumsi serat

Untuk menjaga sistem pencernaan, ahli gizi menyarankan rata2 orang dewasa untuk mengonsumsi 25 gram serat makanan setiap harinya. Sayangnya, banyak orang rata2 makan 15 gram serat setiap harinya. (Article By Bebby Sekarsari; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/5-fakta-tentang-serat.html)-FatchurR *

2 Responses to Lima Fakta Tentang Serat

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    Sebelumnya tdk mengerti hal mkn buah/sayur juga cara asupan terbaiknya, hanya terpikir jk di juice bisa menabah banyak asupan yg artinya lbh banyak serat dimakan. Mmg yg alami ternyata malah cukup mkn lbh sedikit drpd di juice, hitungan quantity nya di juice, tp seratnya lbh sedikit, malah lbh boros stroom jg kerjaan kora2nya.

  • fatkhurr says:

    Aku menganggap sehat itu makan yang berserat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita