logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Solusi Hunian Berkesan Luas Dengan Konsep Open Plan

Solusi Hunian Berkesan Luas Dengan Konsep Open Plan(lifestyle.bisnis.com)-JAKARTA; Sebagai penataan hunian, konsep open plan jadi salah satu solusi. Konsep open plan / ruang terbuka sempat ngetren dan banyak diadaptasi banyak model hunian kontemporer. Konsep desain dan arsitektur ini lazim digunakan di rumah2 minimalis agar tampak lebih luas.

 

Kendati begitu, konsep ruang terbuka tidak hanya cocok untuk hunian yang minimalis, melainkan juga dapat diaplikasikan pada rumah2 ukuran lebih besar. Konsep open plan bisa meminimalkan keberadaan dinding atau elemen vertikal yang membedakan fungsi satu ruang dengan ruang lain. Konsep desain yang biasanya diaplikasikan dengan menggabungkan 2 hingga 3 ruangan dalam satu lantai.

 

Desainer Interior Ary Juwono mengatakan konsep open plan diusulkan untuk hunian yang luasannya tidak terlalu besar. Idealnya, konsep ini dapat diterapkan pada hunian dengan luas 100 m persegi. “Tidak adanya penyekat dalam hunian itu bisa memberikan efek semakin luas,” katanya Kamis (27/6/2019).

 

Guna kepentingan estetika ruang, lanjut Ary hunian dengan konsep terbuka dapat diaplikasikan dengan jendela yang besar untuk membantu pencahayaan. Menurutnya, hal itu dapat menambah efisiensi cahaya, dan juga sirkulasi udara.

 

“Kalau pencahayaan dan sirkulasi sudah efisien tidak membutuhkan AC. Karena ruang terbuka, kalau menggunakan AC akan membutuhkan daya yang lebih tinggi,”jelasnya.

 

Dari sisi penggunaan warna, Ary merekomendasikan untuk mengaplikasin warna terang yang lembut. Menurutnya, apabila ruangan dengan konsep open plan diaplikasikan warna yang mencolok dapat mengacaukan psikologi warna atau tidak efektif.

 

Kombinasi warna lanjutnya tetap diperbolehkan, hanya saja Ary merekomendasikan untuk diaplikasikan pada salah satu sisi dinding ruangan tersebut. Menurutnya, warna dinding yang lebih braight akan lebih bagus apabila digunakan untuk dinding yang tidak terlalu banyak aktivitas.

 

“Mungkin bisa diaplikasikan di ruang nonton televisi atau keluarga karena itu juga bisa jadi aksen,” katanya. (Asteria Desi Kartika Sari;  Editor : Sutarno; Bahan dari : https://lifestyle.bisnis.com/read/20190628/220/938537/solusi-hunian-terkesan-luas-dengan-konsep-open-plan )-FatchurR *

One Response to Solusi Hunian Berkesan Luas Dengan Konsep Open Plan

  • Konsep hunian buat jaman now, bisa diatur sesuai keinginan penghuni pemiliknya, lain di era th 1960an, dimana penggunaan AC merupakan pelengkap wajib agar bisa nyaman. Pada era itu rata2 rmh dibangun agak pendek, agar AC terasa dingin, ini tdk lain disebabkan sulitnya psg PLN jg taripnya mahal, tp perencanaan ruang diserasikan dan kebanyakan berjendela besar krn seringnya terjadi pemadaman PLN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita