logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Destinasi Wisata yang bisa dinikmati di Kediri(1/3)

simpang lima gumul kediri(hipwee.com)-Nama Kediri pasti tidak asing lagi bagi Anda. Apalagi salah seorang senior kita berasaal dari Pare Kediri. Kediri Kota Tahu, itu julukan Kabupaten ini. Doeloe, Kediri itu kerajaan besar di Jatim bagian dari kerajaan Mataram Kuno. Hal ini diperkuat dengan macam2 prasasti dan bangunan candi.

 

Saat ini Kediri berkembang pesat. Selain wisata sejarah, Kediri juga punya ber-macam2 wisata alam. Destinasi mana saja yang wajib kamu sambangi jika mampir ke kota ini? Langsung simak saja ulasan Hipwee di artikel ini.

 

1-Mampirlah sambil Narsis di Simpanglima Gumul, Arc De Triomphe ala Kediri

Tak hanya Semarang yang terkenal Simpang Limanya, Kediri punya Simpang Lima juga. Uniknya, Simpang Lima Kediri memiliki monumen yang bentuknya menyerupai Arc de Triomphe di Paris, Perancis. Karena keindahan dan keunikan Simpang Lima Gumul jadi ikon tiap pejalan yang mampir ke Kediri.

 

Buat  yang ngebet pengen ke Paris tapi nggak kunjung kesampaian, Monumen Simpang Lima Kediri bisa mengobati rasa rindumu pada keindahan kota Paris. Foto ala di Perancis bisa diunggah ke media sosial tanpa harus mahal2 bayar harga tiket ke Eropa.

 

2-Kediri punya Jalanan Legendaris. Jl. Doho bisa belanja sepuasnya

jalan dhoho kediriKediri punya tempat wisata belanja yang tak kalah dengan Jogja, Jalan Dhoho. Di kawasan ini ada ratusan kios menawarkan aneka produk dari sandang, pangan, hingga hotel mudah dijumpai. Tak heran jika orang Kediri bilang Jalan Dhoho ini Malioboro-nya Kediri.

 

Di kawasan ini pula kerap diadakan acara2 yang digelar pemerintah kota. Tak hanya belanja, kita bisa menemukan penjaja2 kuliner khas Kediri di sini. Yang terkenal dan wajib dikunjungi tentu Pecel Tumpang Pincuk yang dijamin yummy.

 

3-Tenangnya Gua Selomangleng, ketika hiruk pikuk kota terlalu riuh

gua selomangleng kediriGua Selomangleng di 7KM arah barat Kediri, di kaki Gunung Klothok. Tepatnya di Desa Waung, Kec-Mojoroto. Konon gua ini tempat pertapaan Dewi Kilisuci putri mahkota Raja Airlangga yang menolak tahta yang diwariskan padanya. Dia pilih menjauhkan dari kehidupan dunia, dan tapabrata di Gua Selomangleng.

 

Sepintas Gua Selomangleng tampak biasa saja jika dilihat dari luar. Meski dinamakan gua, namun jangan harap kamu akan menemukan stalagmit maupun stalagtit di tempat ini. Kamu justru akan dihadapkan dengan relief, ukiran, serta patung yang khas dengan nuansa Hindu.

 

Pada saat-saat tertentu, gua ini dijadikan sebagai tempat hening oleh masyarakat yang masih melestarikan budaya leluhur. Sembari menikmati keheningan yang menenangkan kamu juga bisa menemukan bunga dan sesaji yang ditinggalkan oleh para petapa semalam.

 

(Danar Mustofa; Bahan dari : https://www.hipwee.com/travel/9-destinasi-wisata-yang-wajib-kamu-sambangi-ketika-mampir-di-kediri/)-FatchurR *Bersambung……..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita