logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Hormati yang tidak berpuasa

hormati orang yang berpuasaMerdeka.com – Esensi dari berpuasa sejatinya menahan nafsu, menghargai orang lain, dan memupus ego individu atau kelompok. Bukan memaksa orang lain yang tidak puasa atau tidak seiman untuk menghormati kita yang sedang berpuasa.

Namun, selama ini kita familiar dengan istilah ‘Hormatilah yang sedang menjalankan ibadah puasa’. Penghormatannya pun dimaknai dengan ber-beda2. Misalnya warung2 makan yang biasa buka di siang hari diharuskan ditutup, atau misalkan dibuka harus ditutup dengan tirai, supaya tidak terlihat orang yang berpuasa.

Mungkin karena alasan ingin mengubah stigma memaknai puasa inilah, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin beberapa waktu lalu melontarkan kalimat-kalimat yang mungkin dianggap kontroversial lantaran melawan arus: Warung makan tidak perlu tutup selama Ramadan.

Seperti diduga, komentar menteri Jokowi ini kontroversial. PKS lantang meminta Lukman Hakim minta maaf, juga tak sedikit tokoh dan masyarakat mengecam. Tapi ada yang mendukung pernyataan Menag ini, lantaran puasa sejatinya urusan manusia dengan Tuhan, sehingga tidak patut memaksa orang lain untuk menghormati yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Jika selama ini, umat yang mayoritas kerap ‘dihormati’, maka saatnyalah penghormatan diberikan kepada mereka yang selama ini menghormati bulan Ramadan, meski mereka bukan pemeluk Islam. Kesadaran saling memahami dan menghormati antar-pemeluk agama lebih penting ketimbang sekadar penghormatan terhadap simbol-simbol yang kadang justru memicu kontroversi.

Merdeka.com pada tematik kali ini mengangkat tema menghormati mereka-mereka yang tidak puasa. Selamat membaca. [war; http://m.merdeka.com/peristiwa/hormati-yang-tidak-berpuasa.html]-Aguk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita