logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Agar Pasutri tidak Gampang berantem-Pelajari Beda Otak Pria-Wanita

Agar Pasutri tidak Gampang berantem-Pelajari Beda Otak Pria-Wanita(health.detik.com)-JAKARTA; Pria dan wanita diciptakan beda, namun sulit memahaminya. Hal ini terus disosialisasikan oleh dr Aisah Dahlan, terutama dari sisi parenting, misalnya perbedaan anatomi otak pria dan wanita yang mempengaruhi mereka bekerja.
Banyak wanita mengeluh mengapa pria cenderung ‘cuek’ atau sulit dipanggil saat fokus pada suatu hal. Penyebabnya corpus callosum yang di bagian tengah otak, serat syaraf yang menggabungkan otak kanan dan otak kiri, dan wanita 30 % lebih tebal daripada pria.
“Kalau manggil harus di atas 3x, itupun kita pakai teriak2, udah pakai muka cemberut. Makanya banyak anak laki2 ‘Ibu kok marah ya?’ atau bapak2 juga gitu ‘Kenapa ya istri2 kalau manggil pakai melotot?'” tutur dr Aisah kepada detikHealth, Jumat (1/3/2019).
Karena lebih tebal, wanita lebih mampu multitasking dan pria hanya mampu fokus pada yang sedang ia kerjakan dan pendengarannya mulai menurun. dr Aisah mengetahui hal itu setelah membaca penelitian oleh Alan dan Barbara Pease di London (2006), lalu ia berniat mensosialisasikan ke masyarakat.
“Iya ibu2 seneng kalau udah saya bawain seminar perbedaan otak pria dan wanita, katanya ‘Aduh gue salah’, hahaha. Itu baru satu perbedaan, masih banyak perbedaan-perbedaan lainnya,” imbuh dia lagi.

Satu perbedaan lagi dari pria dan wanita adalah program bahasa dan bicaranya. Pria lebih diatur otak kiri dan memiliki rata2 komunikasi 7 ribu kata per hari, dan wanita berada di otak kiri dan kanan dan rata-rata komunikasinya per hari 20 ribu kata.
Contoh saat suami dan istri saling berkirim pesan instan. Istri cenderung kesal ketika suami hanya membalas singkat pesannya yang tertulis panjang, padahal bagi sang suami, balasan itu cukup. Seringnya hal ini juga memicu pertengkaran karena suami dianggap cuek.

 

Hal ini dialami Anwar (25), pegawai swasta di Jakarta Selatan. Ia berkisah sang istri pernah ngambek karena ia membalas singkat, atau terlalu lama membalas pesannya. Padahal ia tak bermaksud mengabaikan pesan istrinya.
” Contohnya waktu itu dia cerita tasnya rusak. Tapi aku bales beberapa jam kemudian karena lagi kerja, dan balas chat-nya ngabarin kalau mau meeting. Dia bilang minta chat tadi diabaikan aja padahal mau cerita tasnya rusak tapi kayaknya nggak peduli,” kata Anwar saat berbincang dengan detikHealth.
Perbedaan lain dari sudut mata. dr Aisah mengatakan perempuan memiliki sudut mata lebar, sehingga bisa melihat kanan dan kiri walau menghadap ke depan, namun jarak pandangnya pendek. Pria memiliki jarak pandang yang jauh, namun sempit.
Hal ini jadi masalah saat mencari barang di rumah. Para ibu atau istri kerap memarahi suami atau anak laki-laki karena sulit mencari barang, padahal bisa dengan mudah ditemukan oleh mereka.
“Itu yang ibu2 sering bilang, makanya cari pakai mata jangan pakai mulut. Laki2 kalau dibilangin suruh cari pakai mata bisa tersinggung, udah pakai cari mata cuma dia nggak tahu kalau pandangannya sempit. Jadi kalau kita paham, rileks aja. Daripada manggil teriak2 mending dicolek aja kan” tandas dr Aisah. (frp/up; Frieda Isyana Putri; Bahan : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4450142/agar-pasutri-tak-gampang-berantem-kenali-beda-otak-pria-dan-wanita)-FatchurR *

One Response to Agar Pasutri tidak Gampang berantem-Pelajari Beda Otak Pria-Wanita

  • Harry Reksosamudrasam says:

    Mmg perbedaan cara pikir & sudut pandang kedua jenis keturunan Adam dan Hawa, berbeda dr sononya, pertanyaan : mengapa diciptakan demikian ??
    Itulah rahasia alam terbesar yg sepanjang masa jd fokus perhatian para ahli, dlm kehidupan jelas dlm komunikasi sering terjadi korslet dlm dialog, oleh krnya hai para suami, sadarilah jk para isteri perlu lbh banyak bicara yg mmg sdh kodratnya tapi disamping itu, ini penting bg suami agar bisa lbh mengerti jalan pikiran sang pendamping spy terjadi saling pengertian.
    Tidak ada suami maupun isteri yg tdk saling menghargai, krn ini hanyalah masalah tehnis perbedaan otaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita