Kiranamegatara industri hijau

Kirana Megatara Group memperoleh Penghargaan Industri HijauJAKARTA-Info terlambat rek; Sebanyak 14 dari 15 pabrik karet remah (crumb rubber) milik Kirana Megatara Group memperoleh Penghargaan Industri Hijau dari Menperin (lama) MS. Hidayat dalam suatu acara khusus di kantor Kemenperin 15 Oktober 2014.

 

Dari 14 pabrik itu, 9 pabrik dianugrahi Penghargaan Industri Hijau level 5 (tertinggi), dan 5 perusahaan level 4. Penerima penghargaan level 5 adalah PT Djambi Waras-Jambi, Kirana Permata, Tirta Sari Surya, New Kalbar Processors, Djambi Waras-Jujuhan, Karini Utama, Nusira, Kirana Prima, Kirana Windu. Peraih penghargaan level 5 memperoleh tropi dan piagam.

 

Pabrik yang meraih level 4 : PT Kirana Sapta, Komering Jaya Perdana, Kirana Musi Persada, Pantja Surya, dan Anugrah Bungo Lestari. Kelima pabrik ini menerima piagam. Tropi dan piagam penghargaan itu  diterima oleh Dir-Op pabrik: Edward Wenas (Nusira), Tedy Noviandi (Kirana Permata), Wesly M. Simatupang (Tirta Sari Surya), Eddy Sumarno (Kirana Musi Persada) dan Benny Bahctar (Komering Jaya Perdana), Bambang Agus Purwanto (Karini Utama).

 

Dirops yang berhalangan hadir digantikan oleh eksekutif kantor pusat: Johanes Candra, Aminuddin Nurdin, Nurman Nurzaman, Andi Kusdrajat, Hadianto Purnomo, Hendy Endarwan, Arno Indra Dharmanto dan Prawira A.P.

 

Direktur KM Group Johanes Candra mengucapkan selamat kepada 9 pabrik yang menerima memperoleh penghargaan tertinggi (level 5) dan berharap prestasi ini dipertahankan pada tahun-tahun lagi. “Pabrik lain yang kini memperoleh penghargaan level 4 diharapkan dapat mengejar hingga level tertinggi.”

 

Dalam proses produksinya, PT Djambi Waras-Jambi, menerapkan sistem 3 R (reduce, reuse dan recycle) untuk meningkatkan efisiensi penggunaan air dan energi. Pada proses produksi/milling/pencucian awal bahan baku, air yang digunakan pada bak pencucian dan pencampuran III dialirkan kembali pada bak pencucian I. Jadi, pencucian Bokar memakai air daur ulang.

 

Untuk menghemat energi dan menurunkan emisi CO2, genset yang semula menggunakan energi solar diganti dengan energi dari PLN. Selain itu, pengoperasian drier (pengering) yang semula mengkonsumsi solar diganti dengan energi ramah lingkungan yakni cangkang sawit. Djambi Waras-Jambi, yang 2013 meraih penghargaan level 5, menggunakan alat otomatis pada pompa air sehingga menghemat arus listrik.

 

Konversi energi juga digunakan anak perusahaan KM Group lainnya, seperti di PT Djambi Waras-Jujuhan. Energi terbarukan dan ramah lingkungan dari cangkang sawit digunakan dalam proses pengeringan, menggantikan solar. Dalam pengelolaan limbah cair, pabrik ini menggunakan sistem lumpur aktif (biologis) yang ramah lingkungan sehingga airnya memenuhi baku mutu dan dapat digunakan kembali dalam proses produksi.

 

Upaya lain adalah melakukan upaya mengurangi energi listrik di siang hari, khususnya lampu penerangan, dengan memperbanyak seng fiber yang transparan sehingga sinar matahari bisa masuk ke ruang produksi.

 

Untuk mengurangi bau karet yang menyengat, PT Karini Utama memproduksi crumb rubber dengan motto “beli Bokar hari ini proses hari ini”, sehingga bahan baku ini sampai terdekomposisi. Pabrik ini bekerja sama dengan pihak lain yang berkompeten dalam pengolahan limbah B3, sesuai dengan persyaratan perundangan.

 

Pabrik lain di lingkungan KM Group juga menempuh langkah-langkah seperti di atas sehingga mereka juga memperoleh penghargaan level 4 atau level 5. Menurut Sekjen Kemenperin Ansari Bukhari, Penghargaan Industri Hijau diberikan kepada perusahaan industri yang menerapkan pemanfaatan sumber daya (bahan baku, air dan energi) secara efisien, efektif dan berkelanjutan.

 

“Penghargaan ini diberikan sejak 2010 dan tahun ini ada 101 perusahaan memperolehnya, terdiri dari 69 perusahaan mendapat level 5 dan 32 perusahaan menerima level 4.” Selain Industri Hijau, Kemenperin juga memberikan penghargaan kategori lain: Penghargaan Anugerah Cinta Karya Bangsa kepada 15 penerima, Penghargaan Upakarti untuk 28 penerima, Rintisan Teknologi Industri (7), Desain Produk Terbaik (8), Penghargaan Kreasi Prima Mutu 6 penerima.

 

“Pemberian penghargaan ini biasanya diserahkan langsung oleh Presiden atau Wakil Presiden di Istana Negara, namun karena kesibukan di pengujung masa bakti Kabinet Indonesia Bersatu II, maka penghargaan diserahkan oleh Menperin atas nama presiden,” kata Menteri Hidayat.

 

Pemberian penghargaan bidang industri ini, menurut Menperin, untuk mendorong pelaku usaha guna meningkatkan daya saing di tengah percaturan ekonomi yang semakin ketat menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, ujar Menteri Hidayat. “Penghargaan ini merupakan salah satu insentif non fiskal yang diharapkan dapat mendorong pelaku industri dalam mewujudkan industri hijau,” paparnya.

 

Penghargaan Industri Hijau merupakan bentuk apresiasi kepada industri yang memberi peran serta dalam menjaga kelestarian lingkungan melalui pemanfaatan sumber daya yang efisien dan penerapan proses produksi yang ramah lingkungan, sehingga dapat mendukung keberlanjutan sudah daya alam, kelestarian fungsi lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Menperin meminta produsen meningkatkan pengelolaan industri hijau untuk meminimalkan tingkat pencemaran dan kerusakan lingkungan. “Kami mengharapkan pelaku usaha bisa mengelola industrinya dengan program industri hijau. Hal tersebut akan mengurangi tingkat pencemaran serta kerusakan lingkungan,” kata Menteri Hidayat. (Red; http://www.kiranamegatara.com/id/info-kirana/117-industri-hijau-2014)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita