logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Tips Seputar Lapar-Makanan Dan Minuman

Tips Seputar Lapar-Makanan Dan Minuman (1health.id)- Banyak cara untuk hidup sehat. Mulai membatasi makanan, menyikat gigi setelah makan, minum2an dingin untuk menyegarkan tubuh, dan minum2an berenergi saat tubuh lelah. Namun, semua itu hanya menjadi mitos ketika para ahli memberikan pendapat berikut:

 

Melawan lapar

Ketika perut lapar, sering orang cenderung pilih makanan berkarbohidrat tinggi. Akibatnya gula darah naik dan justru membuat perut makin lapar.  Amy Goodson RD, ahli gizi Texas Health Ben Hogan Sports Medicine menyarankan, konsumsi makanan lebih banyak mengandung protein, seperti selai kacang, atau kacang2an lain saat lapar sebelum jam makan tiba.

 

Selai kacang, memiliki protein dan lemak yang akan membantu tubuh Anda untuk terasa kenyang. Anda juga bisa menambahkan apel atau buah lain untuk menambah asupan vitamin dan al.

 

Jangan minum2an berenergi

Tiap orang pasti pernah letih. Mereka mengatasinya, dengan mengonsumsi minuman berenergi. Namun, ini kesalahan terbesar. Minuman energi mengandung kafein lebih banyak dari kopi. “Sebaiknya Anda hindari minuman ini karena berefek buruk bagi tubuh seperti mudah gugup, mudah emosi, dan detak jantung cepat” ujar Amy Goodson, ahli diet dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine Plus.

 

Menurut Goodson minuman energi mengandung taurin berjumlah banyak. Hal ini akan membuat rangsangan pada sistem saraf pusat sehingga membuat kadar gula di dalam tubuh menjadi tidak stabil.

 

Minuman hangat untuk menyegarkan tubuh

Sering kita terbiasa minum air dingin dalam menyegarkan tubuh. Tapi hasil penelitian dari Journal of Applied Physiology yang diterbitkan dalam jurnal American Physiological Society menyebutkan minuman hangat bisa menyegarkan tubuh. Ketika menyeruput minuman panas, kita rasakan perubahan suhu dan meningkatkan produksi keringat. Keringat menguap dari kulit  dan menyegarkan tubuh secara alami.

 

Hindari sikat gigi setelah makan

Hindari menyikat gigi setelah makan dan minum, terutama ketika makanan itu mengandung asam. “Buah2an seperti jeruk, tomat, minuman berenergi dan minuman soda bisa melunakkan enamel gigi,” ujar Howard R. Gamble, presiden Academy of General Dentistry.

 

Jika Anda melakukannya, maka akan mempercepat efek asam pada enamel dan mengikis lapisan di bawahnya, sehingga menjadikan gigi rusak. Howard menyarankan menggosok gigi 30 – 60 menit setelah makan atau minum.
(Article By Mahmur Marganti; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/tips-sehat-seputar-lapar,-makanan-dan-minuman.html)-FatchurR *

One Response to Tips Seputar Lapar-Makanan Dan Minuman

  • Banyak petunjuk berguna dlm.artikel ini yg perlu dilakukan se hari2, dibuat catatan yg gampang dibaca tahapannya, dg demikian resiko2 bisa dihindari
    Khusus dlm hal asupan, hendaknya dijadwal tepat waktu yg dg demikian tubuh akan terbiasa, yg sy lakukan jk blm jadwalnya ya disubel dulu sedikit dg roti/kue seadanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita