logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Indonesia Menggenjot Ekspor Pisang Ke Jepang

(finance.detik.com)-JAKARTA; Pisang ternyata buah favorit warga Jepang. Berdasar data 2017, volume konsumsi pisang di Jepang 18,5 kg per rumah tangga yang beranggota 2 orang atau Iebih.
Capaian ini tertinggi dibanding buah lain. Volume konsumsi pisang signifikan lebih tinggi dibanding apel (12,2 kg per rumah tangga) dan jeruk citrus (10,1 kg per rumah tangga). Tingginya permintaan pada buah pisang ini ditangkap pemerintah sebagai peluang emas. Kementan kini berupaya mengakselerasi ekspor pisang ke negara sakura.
Atase Pertanian KBRI Tokyo Sri Nuryanti menyebutkan tahun-2018 Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-10 sebagai eksportir pisang ke Jepang, dengan nilai ekspor US$ 1,67 Juta. Padahal pisang asal Indonesia baru mulai menembus pangsa pasar Jepang tahun 2015.
“Baru tahun itu, Indonesia memanfaatkan kuota pisang 1000 ton per tahun dengan tarif 0%. Ekspor ini yang perdana sejak penandatanganan Indonesia-Jepang dalam Economic Partnership Agreement (IJEPA) pada 2008,” ujar Sri dalam keterangan pers, (3/8/2019).
Masuknya pisang Indonesia ke Jepang itu pencapaian penting karena pasar produk pertanian negara itu terkenal ketat. Jepang menerapkan standar mutu dan kesehatan tinggi untuk impor produk pertanian.
Dua tahun terakhir, negara2 Asia Tenggara menunjukkan taringnya dalam pemasaran pisang di Jepang. Filipina kini penguasa pasar pisang di Jepang. Setidaknya 80% pasar di sana dikuasai Filipina, menyalip negara2 Amerika Latin : Ekuador dan Meksiko yang sebelumnya ekspotir terbesar pisang di dunia.
“Negara2 Asteng berpeluang karena lebih dekat dibanding pengekspor pisang lainnya, terutama negara2 Amerika Latin,” ungkap Sri. Ke depannya, diyakini kita berpotensi memperbesar volume ekspor pisang itu. Pemerintah kini mengajukan penambahan kuota ekspor pisang ke Jepang dari 1.000 ton jadi 10.000 ton/tahun. Jika berhasil, peluang kita melesat jadi kelompok negara ekportir pisang terbesar di Jepang.
Untuk meningkatkan ekspor pisang Indonesia ke Jepang, Atase Pertanian dan KBRI Tokyo memfasilitasi kerjasama pemda dan pemerintah Jepang. Pada 31/7/2019, pemda Sumut ke KBRI Tokyo. Selain membahas kerja sama dengan pemerintah Jepang, mereka juga cari peluang ekspor pisang barangan asal Sumut.
Ketua Umum Kadin Sumut Utara (Kadinsu) Khairul Mahalli turut dalam kunjungan delegasi Sumut. Ketua Umum Kadinsu menyampaikan terutama jenis barangan, berpotensi diekspor ke luar negeri termasuk ke Jepang. “Saya berharap produk pisang barangan dari Sumut dapat kita ekspor ke Jepang,” katanya.
Mahalli menjelaskan, mekanisme ekspor sering terkendala segi logistik yang menyebabkan harga produk melambung tinggi dan sulit bersaing dengan produk negara lain yang harganya jauh lebih terjangkau. Berkoordinasi dengan Atase Pertanian KBRI Tokyo, diharapkan masalah yang dihadapi bisa teratasi.

 

(ega/ega; Akfa Nasrulhaq; Bahan dari : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4651619/indonesia-genjot-ekspor-pisang-ke-jepang)-FatchurR *

*** peluang bagi pemain bisnis Pisang (FR)

One Response to Indonesia Menggenjot Ekspor Pisang Ke Jepang

  • Kegiatan export tidaklah segampang spt jg leveransir brg ke perusahaan dlm negeri, dibutuhkan beberapa persyaratan terutama mutu & harga. Jg kelancaran dan jadwal kiriman, kesanggupan pasokan jumlah tertenru hes terjamin. Stlh berhasil export terkadang terjadi kendala krn pengaruh musim yg berpengaruh pd output dan mutu produk yg renan turun mutuya akibat kurang air maupun kekeringan,tp pelaku usuha yg berpengalaman sdh terbiasa alami hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita