logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Suka Telur Setengah Matang?-Ketahuilah bahayanya

telur setengah matang (health.detik.com)-JAKARTA; Telur Setengah Matang itu sebutan yang dipakai untuk mendeskripsikan telur yang dimasak sampai bagian kuningnya tampak matang dari luar namun sedikit cair di dalam. Ada yang suka telurnya dimasak dengan cara tersebut tapi ada juga yang tidak, masing-masing punya selera.

Namun tahukah Anda kalau dari sisi kesehatan menurut ahli telur, yang baik itu yang dimasak sampai benar2 matang. Meski telur setengah matang mungkin terasa lezat ada risiko yang bisa bersembunyi di baliknya.

1-Infeksi Salmonella

Salmonella, bakteri yang jadi penyebab umum kasus keracunan makanan. Salmonella bisa mencemari telur dari tubuh ayam ketika cangkang belum terbentuk, dari paparan kotoran, hingga makanan di kandang.

Bila dimasak setengah matang, ada risiko Salmonella dalam telur tidak terbunuh semua. “Masak telur sampai kuning dan putihnya padat. Semua masakan dari telur harus dimasak dalam temperatur minimal 71°C” tulis Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).
2-Berkurangnya penyerapan Nutrisi
Studi kecil yang dipublikasi di jurnal Nutrition (1998) melihat bahwa protein2 dalam telur diserap lebih baik oleh tubuh bila dimasak matang. Singkatnya tubuh bisa menyerap 90% protein saat telur dimasak matang dan hanya 50% protein bila dikonsumsi mentah.

Jadi mulai sekarang lebih hati-hati ya bila ingin masak telur setengah matang. (up / up; Firdaus Anwar; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4202375/kamu-suka-telur-setengah-matang-enak-sih-tapi-kenali-bahayanya)-FatchurR

One Response to Suka Telur Setengah Matang?-Ketahuilah bahayanya

  • Harry Reksosamudra says:

    Salmonela doeloe paling sering diributkan masyarakat, krn meng infeksi penduduk melalui air PDAM sebab bahan bakunya terkontaminasi (air sungai).
    Tapi sejak masyarakat menggunakan air galon, sdh tdk terdengarlagi, jk ada kebanyakan warga pelosok kampung yg airnya diambil dr tempat penampungan. Sekedar mengingat jadoel yg serba darurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita