logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Sehat Menurut WHO

Sehat Menurut WHO (pengertianahli.id)-Pengertian sehat menurut WHO; Sehat adalah kondisi normal seseorang sebagai  hak hidupnya. Sehat berhubungan hukum alam yang mengatur tubuh, jiwa, dan lingkungan berupa udara segar, sinar matahari, diet seimbang, bekerja, istirahat, tidur, santai, kebersihan pikiran, kebiasaan dan gaya hidup yang baik.

 

Selama beberapa decade, pengertian sehat masih dipertentangkan ahli2 dan belum sepakat dari para ahli kesehatan dan tokoh dunia. Akhirnya WHO membuat definisi universal yang menyatakan sehat itu kondisi fisik, mental, dan kesejahteraan sosial yang satu kesatuan dan bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan

 

Pengertian sehat menurut WHO : “Health is a state of complete physical, mental and social well-being and not merely the absence of diseases or infirmity”. Menurut WHO, ada tiga komponen penting yang merupakan satu kesatuan dalam defenisi sehat yaitu:

 

Sehat Jasmani

Sehat jasmani itu komponen penting dalam arti sehat seutuhnya, berupa sosok manusia yang berpenampilan kulit bersih, mata bersinar, rambut tersisir rapi, berpakaian rapi, berotot, tidak gemuk, nafas tidak bau, selera makan baik, tidur nyenyak, gesit dan fungsi2 fisiologi tubuh berjalan normal.

 

Sehat mental

Sehat mental dan sehat jasmani selalu dihubungkan satu sama lain dalam pepatah kuno “Jiwa yang sehat terdapat di dalam tubuh yang sehat” (Men Sana In Corpore Sano).

 

Sehat spiritual

Spritual itu komponen tambahan pada pengertian sehat oleh WHO dan berarti penting dalam kahidupan sehari-hari. Tiap individu perlu dapat pendidikan formal dan informal, kesempatan berlibur, mendengar alunan lagu dan musik, siraman rohani seperti ceramah agama dan lainnya agar terjadi keseimbangan jiwa yang dinamis dan tidak monoton.

 

(Referensi: Chandra, Budiman. 2006. Ilmu Kedokteran Pencegahan Komunitas. Jakarta: EGC; Bahan dari : https://pengertianahli.id/2013/10/pengertian-sehat-menurut-ahli-who.html)-FatchurR *

One Response to Sehat Menurut WHO

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    Sehat dari 3 definisi WHO merupakan konsep global agar ada tolok ukurnya yg pasti, tapi menurut hemat sy ada yg perlu ditambahkan sbb :
    1. Sehat jasmani, jk juling merusak tampilan yg baik.
    2. Sehat mental, jk bola mata berputar idem spt no 1.
    3. Sehat spiritual, jk bibir terbuka & ngiler, jg idem no 1.
    Demikianlah, tambahan yg perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita