Klaster Covid-19 Di Pabrik Besar Kenapa

(cnbcindonesia.com)-JAKARTA; Rentetan kasus Positif Covid di sejumlah pabrik terus meningkat  Sejauh ini, beberapa perusahaan besar yang mengonfirmasi diantaranya Sampoerna, LG, Suzuki, Unilever, hingga Bridgestone dll. Mengapa kasus ini mencuat di pabrik besar yang protokol kesehatannya baik?

 

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menyebut protokol di pabrik memang sudah berjalan. Sayangnya, aktivitas pekerja di luar pabrik yang sulit dikendalikan. Apalagi, ada pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menjadi PSBB transisi.

 

“Itu kan setelah PSBB. Zaman kita PSBB murni kasusnya dikit yang mencuat Sampoerna doang. Kalau lakukan protokol dengan benar nggak masalah. Cuma masyarakat berinteraksi, kalau di perusahaan dia bisa kontrol tapi yang muncul ini semua klaster baru setelah PSBB transisi,” sebut Hariyadi.

 

“Waktu PSBB murni 17 ribu perusahaan dapat IOMKI (Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri) dan praktis kita bisa handle semua. Sekarang mereka interaksi, gimana kita mau kontrol karena interaksi di luar kita nggak tahu,” lanjutnya.

 

Hal sama diutarakan Memperin Agus Gumiwang, menyampaikan bahwa aturan mengenai operasional pabrik sudah diatur dalam SE (Surat Edaran) Menperin No. 8/2020 (Kewajiban Pelaporan Bagi Usaha Perusahaan Industri Dan Perusahaan Kawasan Industri Yang Memiliki Izin Operasional Dan Mobilitas Kegiatan Industri).

 

Dengan aturan tersebut, Agus menegaskan Kemenperin sudah menjalankan tugasnya untuk mengatur protokol kesehatan di lingkungan pabrik maupun kawasan industri. Ia seperti terlihat curiga bahwa penyebaran ini bukan berasal dari lingkungan pabrik.

 

“Penyebaran di Industri banyak terjadi di luar pabrik, banyak terjadi di transportasi dan tempat tinggal (kos) yang berdesak-desakan. Protokol kesehatan di transportasi dan tempat tinggal bukan domain Kemenperin,” sebutnya.

 

(hoi; hoi; Ferry Sandy;  Bahan dari : https://www.cnbcindonesia.com/news/20200902170108-4-183941/rentetan-klaster-covid-19-di-pabrik-pabrik-besar-kenapa)-FatchurR *

 

*** Sahabat yang umumnya Lansia atau jelang Lansia :

1-Bahwa Covid-19 belum ada obatnya. Vaksin pun baru tahap-3 Uji cobanya

2-Marilah kita disiplin untuk tetap dirumah, sesuai anjuran YakesTel, jika tidak sangat perlu. Jika kalau harus keluar rumah, silahkan Bermasker, jaga jarak  dan tangan  bersih (idealnya bawa hand sanitizer)-FR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita