logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Ular Terbesar di Dunia-Tumbuh Sebesar Bus dan Memangsa Buaya

Ular Terbesar di Dunia-Tumbuh Sebesar Bus dan Memangsa Buaya(liputan6.com)-Anda pernah mendengar ular Titanoboa? Dari namanya saja menyeramkan. Benar saja, Titanoboa itu ular purbakala yang pernah hidup dengan ukuran tubuh sebesar bus sekolah.

 

Titanoboa (Boa Titan) adalah genus ular yang hidup 60-58 juta tahun lalu pada periode Paleosen. Satu2 nya spesies dalam genus ini yang diketahui adalah Titanoboa cerrejonensis, ular terbesar. Dikutip dari laman Washington Post, (12/1/2018), meski dikatakan punah, kita , masih bisa saksikan bukti eksistensi ular raksasa ini.

 

Tepatnya di Monte L. Bean Life Science Museum di Universitas Brigham Young, Utah, AS. Pengunjung dapat menyaksikan fosil tulang2 hewan ini. Jika ular lain membunuh mangsa dengan taring dan racun, makaeda dengan ular Titanoboa. Ia memangsa musuh dengan memanfaatkan bobotnya yang 1.133 kilogram.

 

Titanoboa menghancurkan, meremukkan, dan menindas tubuh mangsa hingga mati. Fosil makhluk purbakala ini ditemukan di lokasi pertambangan batubara di Kolombia. Apabila Titanoboa masih ada, niscaya ia akan dianggap sebagai ular yang paling luar biasa

 

Ular piton atau jenis boa mungkin tak dapat menandinginya. Ilmuwan memperkirakan, hewan dengan nama latin Titanoboa cerrejonensis itu memiliki panjang 13 meter.

 

Kembali dihidupkan dalam Museum

Predator menakutkan sepanjang 48 kaki atau 13 meter yang melata di hutan hujan 60 juta tahun lalu ‘dihidupkan kembali’ oleh Museum Smithsonian (2015). Reptil itu dibangkitkan kembali untuk menjawab rasa penasaran orang-orang tentang bagaimana binatang itu bisa berkembang sedemikian besarnya.

 

“Ini penemuan yang fantastis. Sesosok makhluk yang muncul dari masa lalu. Ia mengingatkan pada sosok raksasa dan mitos monster, namanya Titanoboa,” ungkap David Royale, dari Smithsonian seperti dilansir dari Dailymail.co.uk.

 

Hewan ini dibangkitkan kembali berbentuk patung yang dipamerkan di Grand Central di New York untuk mempromosikan film bertema reptil jumbo itu.Para ilmuwan dari Museum Smithsonian merekonstruksi ular raksasa itu, untuk mengetahui bagaimanakah kehidupan di Bumi setelah dinosaurus punah.

 

“Titanoboa ini predator terbesar di darat setelah kepunahan dinosaurus, setidaknya 10 juta tahun, atau lebih” jelas ahli Paleontologis, Dr. Jonathan Bloch. Fosil Titanoboa ditemukan tim ilmuwan internasional di kawasan tambang batu bara di wilayah tropis Cerrejon, Kolombia. Sebelumnya, tak pernah ditemukan fosil hewan bertulang belakang yang hidup 65-55 juta tahun silam di AS.

 

Zaman dinosaurus, Titanoboa adalah ular terbesar. Bahkan jauh lebih besar ukurannya dibandingkan anaconda, yang selama ini dianggap sebagai ular terbesar di dunia. (Harry Rekso Samudro-A61; sumber : Teddy Tri Setio Berty;  Bahan dari : https://www.liputan6.com/global/read/3223196/monster-ular-terbesar-dunia-tubuh-sebesar-bus-dan-memangsa-buaya)-FatchurR *

One Response to Ular Terbesar di Dunia-Tumbuh Sebesar Bus dan Memangsa Buaya

  • Sesuatu atau mahluk yg langka termasuk kesenangan tersendiri, maklum hobi philateli jd kesukaan berburu benda yg aneh2 sdh mendarah daging menimbulkan gairah keingin tahuan menggebu. Sebelumya ular anaconda sepengetahuan sy jenis terbesar dan langka, ternyata masih ada beberapa jenis lainnya, salah satunya disebut Titan boa ini, model ularnya semua jenis hampir mirip, sy rasa juga Titanboa ini.i

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita