ratusan bunga mekar bersama

PLN Jatim Meresmikan Pembangkit Listrik Di 9 Kepulauan(republika.co.id)- SUMENEP; PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jatim meresmikan pembangkit listrik di 9 pulau di Kabupaten Sumenep. Acara peresmian digelar di Pulau Kangean, Sumenep, Madura (30/11).

 

Acara ini dihadiri Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Direktur Bisnis PLN Regional Jatim, Bali, Nusra, Supangkat Iwan Santoso, GM PLN UID Jatim Bob Saril, dan Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim.
Pembangkit listrik yang diresmikan ini meliputi PLTD di Pulau Raas kapasitas 800 kW, dan Pembangkit Listrik Tebaga Surya di Pulau Tonduk 200 kWp, Pulau Goa Goa 200 kWp, Pulau Masakambing 50 kWp, Pulau Pagerungan Kecil 50 kWp, Pulau Paliat 100 kWp, Pulau Sakala 100 kWp, Pulau Sabuntan 100 kWp, serta Pulau Saubi berkapasitas 150 kWp.
Direktur Bisnis PLN Reg Jatim, Bali, Nusra, Supangkat Iwan Santoso mengatakan, diresmikannya PLTD Pulau Raas dan PLTS 8 Pulau di Sumenep ini, guna mewujudkan rasio elektrifikasi 100% di Jatim pada akhir 2020. “Itu cita–cita PLN UID Jatim dan sejalan dengan program Pempeov untuk melistriki seluruh Jatim hingga pulau terluar, terdepan, dan tertinggal,” ujar Supangkat.
Hingga Oktober 2019, rasio elektrifikasi PLN Jatim sudah 98,38%. Dia mengungkapkan, salah satu wilayah dengan rasio elektrifikasi rendah adalah Sumenep yaitu berada di angka 64.99% (Oktober 2019). “Ini mendasari PLN UID Jatim meresmikan 1 PLTD dan 8 PLTS untuk mendongkrak rasio elektrifikasi Sumenep,” ujar Supangkat.
Dia jelaskan, PLTS sebagai solusi elektrifikasi di kepulauan, wujud konsistensi PLN dalam penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang ramah lingkungan. Upaya ini didukung potensi tenaga surya di pulau–pulau sekitar Kabupaten Sumenep yang bagus dan memadai.
PLN UID Jatim juga berbagi kebahagiaan dengan masyarakat sekitar melalui PLN Peduli. Bantuannya berupa listrik gratis untuk warga kurang mampu. Setidaknya 2.000 KK di kepulau di Madura,  dibantu PLN Peduli. Diberikan pula bantuan berupa 10 perahu listrik untuk nelayan.
Selain itu, PLN UID Jatim juga membantu pelayanan kesehatan gratis melalui Rumah Sakit Terapung Kstaria Airlangga (RSTKA) melalui YBM PLN UID Jatim. Juga pasang listrik gratis melalui program One Man One Hope, sumbangan sukarela dari pegawai PLN. Total yang digelontorkan Rp 1,3 miliar.
“Harapannya ini bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Sumenep” katanya.
GM PLN UID Jatim, Bob Saril mengakui, upaya menerangi pulau-pulau di Madur. Butuh kerja keras dari berbagai pihak. Apalagi, pulau-pulau di wilayah itu, tempatnya berjauhan. Sehingga, penggunaan jalur laut satu-satunya cara mengangkut berbagai material, harus melewati proses panjang.
“Selama ini so far, so good, yang penting kita koordinasi dengan masyarakat dan syahbandar. Ini kisah menarik yang dapat diceritakan agar listrik dapat dinikmati seluruh masyarakat di Madura,” ujar Bob.
Bob opitimistis, akhir 2020 bisa melistriki seluruh pulau berpengguni di Madura. Saat ini pihaknya berada pada tahap penganggaran, untuk melistriki 22 pulau berpenghuni lainnya di Madura. Anggaran yang disiapkan, Rp 120 miliar, yang kesemuanya akan dilistriki menggunakan PLTS Komunal.
Gubernur Khofifah menegaskan dukungannya pada PLN UID Jatim, dalam upaya melistriki pulau-pulau berpengguni di Madura. Khofifah mengapresiasi upaya PLN, yang baik bersinergi dengan Pemprov Jatim.
“Hingga dapat meresmikan pembangkit untuk pulau–pulau di Sumenep. Ini langkah terus bergerak maju mewujudkan rasio elektrifikasi Jatim 100%, dan seluruh masyarakat Jatim menikmati listrik” katanya.

 

(Reporter : Dadang Kurnia; Editor : Gita Amanda;  Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/q1syi3423/pln-jatim-resmikan-pembangkit-listrik-di-sembilan-kepulauan)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
alamo
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar