logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Mengenal budaya Jepang

Budaya Jepang kendo_seizaSaat mengunjungi negara asing, sedapat mungkin kita mengenal juga kebiasaan2 yang umum disana. Selain menghindari gegar budaya, kita berusaha menghormati kebiasaan yang ada di negara tersebut. Nah, saat akan mengunjungi Jepang, ada baiknya Anda tahu kebiasaan disana, jangan sampai kita dianggap tidak sopan atau aneh.

 

Kebiasaan pertama berkaitan dengan alat makan. Saat makan, orang Jepang menggunakan sumpit. Untuk makanan berkuah, mereka tidak menggunakan sendok melainkan langsung menghirup kuah dari mangkuk. Jadi, bukan mereka tidak sopan dan jorok. Karena budaya makannya seperti itu.

 

Selanjutnya, Anda perlu mengetahui mengenai pemakaian sandal. Saat memasuki rumah, biasanya orang Jepang akan membuka sepatu dan menyimpannya di rak. Sebagai pengganti, mereka mengenakan sandal rumah dan tetap mengenakan kaus kakinya.

 

Saat akan ke toilet, biasanya disediakan sandal khusus untuk memasuki toilet. Setelah itu, Anda bisa mengenakan sandal rumah kembali. Oleh karena itu, perhatikan baik2 tuan rumah saat memasuki rumahnya. Jangan lupa melepas sepatu dan menaruhnya dengan rapi.

 

Selanjutnya, saat berada di Jepang, biasakan untuk mengucapkan salam saat bertemu dengan orang lain. Salam yang sering diucapkan atara lain, ‘Ohayou Gozaimasu’ untuk selamat pagi, ‘Konnichiwa’ untuk selamat siang dan ‘Konbanwa’ untuk selamat malam.

 

Sebelum bersantap, salam yang diucapkan adalah ‘Gochisho sama deshita’ atau artinya selamat makan. Untuk berterima kasih, ucapkanlah salam ‘Arigatou gozaimasu’.

 

Saat berkunjung di rumah seseorang, tidak semua orang menggunakan gaya barat yaitu memiliki sofa atau kursi di ruang tamunya. Kebanyakan orang Jepang memiliki ruang tamu yang dilapisi oleh tikar atau namanya ‘Tatami’ dalam bahasa Jepang.

 

Saat bertamu, duduklah di bantal kecil yang fungsinya sebagai alas. Jangan duduk dengan gaya diselonjorkan atau sampai kaki ditopang dagu. Gaya duduk itu tidaklah sopan. Disarankan duduk dengan cara kaki dilipat ke belakang atau bersila. Gaya duduk seperti ini dianggap sopan dan tidak menyinggung tuan rumah yang sudah mengundang Anda. (http://pengenliburan.com/mengenal-budaya-orang-jepang.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita