logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Jambore dunia tingkatkan semangat perdamaian di Hiroshima

Jambore dunia tingkatkan semangat perdamaian di HiroshimaKirarahama – Kegiatan Jambore Pramuka Dunia di Jepang tak hanya dilakukan di Bumi Perkemahan Kirarahama saja. Para peserta berkesempatan mengunjungi Hiroshima Memorial Park yang jadi taman peringatan ledakan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

Tepat pada hari ini, Jepang memperingati 70 tahun peristiwa meledaknya bom atom yang menewaskan lebih dari 140 ribu orang. Angka tersebut belum termasuk korban tak langsung yang tewas karena paparan radiasi nuklir, yang dampaknya baru terasa beberapa tahun kemudian.

Para pramuka dari berbagai kontingen negara secara bergiliran mendapatkan kesempatan berkunjung ke museum paling bersejarah di Jepang tersebut. Mereka membaca kisah-kisah pilu yang tertulis di berbagai monumen yang tersebar di area taman.

“Bagus sekali tamannya, tapi sedih kisahnya. Sangat mengharukan dan pilu,” kata anggota pramuka asal Jakarta, Allaya di Bumi Perkemahan Kirarahama, Jepang, Rabu (5/8/2015).

Tak hanya membaca sejarah bom atom dan Perang Dunia II, para pramuka yang berusia antara 14-17 tahun tersebut juga mendoakan korban ledakan. Mereka menundukkan kepala sejenak, memanjatkan harapan agar para korban diberikan ketenangan.

Di monumen anak bernama Sadako Sasaki, para pramuka itu belajar membuat origami burung. Di atas kepalanya, monumen Sadako memang memegang 1 kerangka origami.

Di dalam keterangan yang tertempel di samping monumen, dikisahkan tentang perjuangan Sadako yang sakit-sakitan karena terpapar radiasi nuklir bom atom. Sadako yang mulai merasakan dampak radiasi nuklir 8 tahun setelah peristiwa bom atom itu membuat ribuan origami burung agar harapannya terwujud.

Ketua Jambore Dunia Joao Gonzales Armando mengatakan, bom atom merupakan peristiwa bersejarah yang diharapkan takkan pernah terjadi lagi. Seruan perdamaian harus terus digaungkan, termasuk kepada anak-anak muda, salah satunya dengan berkegiatan pramuka.

Kedatangan pramuka ke Hiroshima Memorial Park dan peringatan 70 tahun peristiwa ledakan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki merupkan ajang refleksi. Sebagai anak muda, mereka harus memahami mengapa hal itu terjadi.

“Ini agar mereka memahami dan menumbuhkan semangat perdamaian,” tutur pria asal Portugal tersebut. (kff/fdn; http://m.detik.com/news/berita/2984615/tingkatkan-semangat-perdamaian-peserta-jambore-dunia-kunjungi-hiroshima-memorial-park)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita