ratusan bunga mekar bersama

Diabetes Dan Hipertensi Bisa Berakibat Pada Pembuluh Mata(health.detik.com)-JAKARTA; Komplikasi penyakit diabetes (DM) dan hipertensi (HT) biasanya dikaitkan gangguan jantung, ginjal atau otak. Padahal komplikasi DM dan HT juga bisa memengaruhi mata.
dr Rumita S Kadarisman, SpM, pakar vitreoretina dari RS Mata Aini mengatakan fungsi retina mata itu menerima cahaya terfokus dari lensa mata, mengubah cahaya jadi sinyal dan mengirim sinyal saraf ke otak melalui saraf optik. HT dan DM bisa menyebabkan gangguan pembuluh darah retina, dan penyebab penglihatan terganggu.

 

Gangguan penglihatan ini disebut Oklusi Vena Retina (RVO). RVO terjadi karena halangan pada aliran darah dalam saraf optik. Gangguan pada aliran darah ini membuat pandangan buram dan pada beberapa kasus juga bisa menyebabkan nyeri dan kebutaan mendadak.
dr Rumita menjelaskan ada 2 tipe utama RVO, yakni Oklusi Vena Retina Sentral (CRVO) dan Oklusi Vena Retina Cabang (BRVO). CRVO ini oklusi vena retina yang terjadi pada pembuluh darah vena retina saraf optik. Dan BRVO itu gangguan pembuluh darah retina pada cabang-cabang pembuluh darah.
Ia melanjutkan 90% pengidap CRVO biasanya usia (50) ke atas. Selain itu, 70% gangguan pembuluh darah retina juga disebabkan oleh penyakit ini. Sisanya sekitar 30% merupakan kasus BRVO.
Untuk mengobati gangguan ini, ada 2dua cara yang sudah diakui oleh ilmu kedokteran. Cara pertama adalah dengan pengobatan, dan cara kedua adalah melalui operasi laser.
“Yang pertama bisa dengan cara pengobatan saja, biasanya dialami oleh penderita hipertensi atau diabetes karena dapat sembuh dengan sendirinya. Kemudian yang kedua dengan cara melakukan laser untuk mencegah agar tidak lebih parah,” ujar dr Rumita kepada wartawan di Hotel Grand Sahid, Jl Sudirman, Jakarta Pusat, dan ditulis Senin (27/9/2015).

 

(mrs/vit; Martha Heriniazwi Dianthi; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3029918/diabetes-dan-hipertensi-bisa-sebabkan-kelainan-pada-pembuluh-mata)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
alamo
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar