Dukung Bibit Inovator Ennergi Terbarukan Pertamina Luncurkan Kompetisi Sobat Bumi

(m.tribunnews.com)- Untuk mendukung bibit unggul dalam inovasi energi baru dan terbarukan (EBT), Pertamina meluncurkan Kompetisi Sobat Bumi (KSB) bagi mahasiswa, dosen, peneliti, penggiat energi terbarukan dan masyarakat di Indonesia.

 

Kompetisi ini untuk mengembangkan ide kreatif dan inovatif memaksimalkan potensi energi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan energi di daerah terpencil, pelosok, dan terisolisir lainnya.

 

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriah Usman menyatakan, KSB-2020 ada  dua kategori : Kategori Teori Sains dan kategori Proyek Inovasi EBT dengan hadiah total Rp 900 juta. Kategori Teori Sains diperuntukkan bagi mahasiswa PTN dan swasta dari semua program studi atau jurusan, dan dapat berasal dari Universitas, Institut, Sekolah Tinggi atau Politeknik.

 

Kategori Proyek Inovasi EBT diperuntukkan bagi peneliti, dosen, praktisi, penggiat energi serta pengabdi masyarakat yang memiliki ketertarikan terhadap energi baru terbarukan.

 

“Seluruh layer akademisi dapat berperan aktif dalam program KSB ini supaya menunjukan ide tentang pengembangan EBT jadi pioneer membawa keberlangsungan energi masa depan,” ujar Fajriyah.

 

Mengingat pandemi Covid-19, pelaksanaan KSB dilakukan virtual melalui website www.sobatbumi.id. “Pertamina ingin memfasilitasi masyarakat agar mampu melawan kondisi keterbatasan dan tetap leluasa mengeksplorasi daya pikir dan logisnya berinovasi karya cipta yang mampu memberikan solusi bagi kebutuhan energi,” imbuhnya.

 

Mmahasiswa bisa mendaftar KSB kategori Teori Sains mulai 3/8/20 hingga 30/10/20. Peserta akan diseleksi 2 tahap : Seleksi daerah dan seleksi nasional. Seleksi daerah itu babak penyisihan dengan metode Computer Based Test dan online dengan jaringan internet yang baik di tempat peserta. Seleksi nasional itu babak final dalam dua tahap, yaitu seleksi semi final dan grand final.

 

Untuk kategori Proyek Inovasi EBT pendaftaran telah dibuka sejak 24/6 dan ditutup pada 31/7/20. Peserta ingin mendaftar di kategori Proyek Inovasi EBT harus mengirimkan proposal abstrak seputar ide inovasi energinya.

 

Bagi peserta 25 terbaik diberikan pendanaan membuat video paparan ide inovasinya, dan diseleksi jadi 10 terbaik yang akan didanai untuk mengikuti PFSains Camp di Jakarta 3 hari dan akan dipilih 3 pemenang terbaik. Pemenang kategori Proyek Inovasi EBT diumumkan tanggal 10/11/20, bertepatan Hari Pahlawan.

 

“Seluruh pemenang akan dihadirkan di acara penganugerahan tanggal 10/12/2020, bertepatan dengan HUT Pertamina,” ujar Fajriyah. Pemenang kategori Teori Sains Bidang Biologi tahun 2016, Hazrina Tiyas Nussa menyatakan KSB menawarkan pengalaman lomba yang menarik karena tema dan formatnya tidak biasa.

 

Mahasiswi Jurusan Biologi, Fakultas MIFA UI, ini merasa senang karena bisa bertukar pikiran dengan mahasiswa di seluruh Indonesia. “Saya senang sekali karena dari kompetisi ini saya bisa kenal teman-teman dari seluruh Indonesia dan bisa belajar banyak dari ide-ide yang dipresentasikan,” ujarnya.

 

(Editor: Content Writer; Bahan dari : https://m.tribunnews.com/mpr-ri/2020/07/02/dukung-bibit-unggul-inovator-energi-terbarukan-pertamina-luncurkan-kompetisi-sobat-bumi)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita