Canggih Masa Depan Ibukota Baru(1/4)

(alinea.id)- Pembangunan Ibukota baru (IKB) pengganti DKI secara bertahap di Kalimantan diperkirakan butuh waktu 24 tahun. Menteri PPN/Kepala Bappenas) Bambang P.S. Brodjonegoro mengatakan proyek pembangunan IKB akan dilakukan bertahap mulai 2021 hingga 2045

 

Megaproyek pembangunan IKB di Kalimantan itu akan dimulai dari sektor pemerintahan. Istana Negara sebagai kantor Presiden dan perkantoran lembaga negara akan mengawali pembangunan kompleks seluas 2.000 ha.

 

“Yang terpenting adalah pada tahun 2024 kita memulai proses pemindahan tersebut, karena zona intinya adalah pusat pemerintahan,” kata Bambang dalam Dialog Nasional III Pemindahan Ibu Kota Negara yang digelar di Kantor Bappenas, Jakarta Pusat, Kamis (1/08).

 

Selain sektor pemerintahan, pembangunan pada empat tahun pertama juga akan fokus pada pengadaan taman budaya dan kebun botani. Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan kota yang menjadi cerminan bangsa dan berstandar internasional.

 

Tahap kedua, pembangunan akan fokus pada perumahan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan dimulai rentang 2025-2029 bersamaan dengan penyediaan fasilitas pendidikan, kesehatan dan sarana publik.

 

Bambang menyebutkan, pangkalan militer, industri berteknologi tinggi dan diplomatic compound juga akan dibangun pada tahun-tahun tersebut.

 

Kemudian pada tahap ketiga yakni rentang 2030-2045, pemerintah baru melakukan pembangunan pemukiman non-ASN dan upaya pembentukan ibu kota menjadi metropolitan.

 

Selain itu, pemerintah berencana membangun taman nasional dan konservasi satwa endemik pulau Kalimantan yaitu orang utan di tahun-tahun itu. Mantan Menteri Keuangan Indonesia ini menegaskan pembangunan tak akan mengabaikan lingkungan melainkan menjadikannya sebagai visi dari berdirinya IKB.

 

“Kita juga harus menerapkan kota dengan pendekatan lingkungan. Karena lokasinya di Kalimantan konsepnya bukan hanya garden city tetapi forest city, bagaimana pun Kalimantan adalah paru-paru dunia,” tutur Bambang.

 

Menurut data rancangan zonasi dan tahapan pembangunan, ibu kota ini akan memiliki luas lebih dari 442.000 hektare dan melibatkan beberapa pihak termasuk swasta dalam pembangunannya.

 

(Nanda Aria Putra; Alfiansyah Ramdhani;  Bahan dari : https://www.alinea.id/nasional/desain-canggih-masa-depan-ibu-kota-baru-ri-b1XkL9met)-FatchurR * Bersambung…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita