logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Penampakan Bakso Raksasa Berdiameter 3 Mt

Penampakan Bakso Raksasa Berdiameter 3 Mt(lifestyle.okezone.com)-BAKSO, makanan favorit banyak orang. Rasanya lezat-nikmat-menyegarkan. Apalagi, jika bakso dikreasikan dengan lebih kekinian. Biasanya bakso identik berbentuk bulat, tetapi untuk saat ini banyak tempat makan yang bersaing membuat bakso raksasa yang unik.

 

Tapi, pernahkah kita bayangkan bakso yang sangat besar? Di Acara Festival Kuliner BSD 2019, di parkiran utama ITC BSD menghadirkan bakso raksasa yang dibuat oleh Bakso Rusuk Joss dengan bentuk gepeng. Bakso ini memecahkan rekor MURI di dunia dan berukuran 2,90 meter. Sebelumnya di Surabaya pada 2007 ada yang memecahkan rekor bakso raksasa dengan ukuran 1,65 meter.

 

“Filosofinya, makan bakso tak selamanya bulat, bisa berbentuk lain, seperti bakso rusuk setan bentuknya pentungan dan bakso trisula yang ada rusuk 3 menyerupai trisula. Kita out off the box, jadi bikin bakso raksasa anti-mainstream” ujar Isa Juarsa, Founder Bakso Rusuk Joss saat ditemui Okezone.

 

Bakso gepeng raksasa ini ketebalannya 12 cm, ber-Ø 3 mt dan beratnya 1,25 ton. Adonannya khusus dan menggunakan daging sapi 750 kg, supaya tidak hancur adonannya saat direbus, serta dicetak dengan menggunakan moulding, yaitu cetakan khusus berukuran 3,3 m yang terbuat dari bahan stainless steel.

 

“Moulding bakso raksasa juga gampang2 susah, sempet bocor beberapa kali, akhirnya ditambal lagi, ngerebus bakso ini butuh 3 hari sampai matang sempurna”. Proses pembuatan bakso gepeng terbesar ini hasil kerjasama dari Saus Dua Belibis, Bakso Rusuk Joss, dan penyelenggara Festival Kuliner BSD.

 

Persiapan pembuatan adonan hingga ke proses perebusan butuh 3 hari sampai kematangannya sempurna. Proses perebusan dan pematangan akhir dilakukan di atas panci khusus dari bahan stainless steel berukuran 3,5 m x 3,5 x 1m dengan tungku bertekanan tinggi ber-Ø 40 cm sebanyak 12 tungku.

 

“Bakso raksasa ini kurang lebih bisa disajikan sampai 55.000 butir bakso, jika 1 mangkuknya berisi 5 potongan bakso, berarti total ada 11.000 porsi,” ujar Isa. Reggy Milyardi Prabowo, Brand Manager Dua Belibis mengatakan keikutsertaan Dua Belibis di festival kuliner ini wujud komitmen untuk mendukung perkembangan kuliner di Tanah Air.

 

“Melalui event ini kami harap pengunjung dapat merasakan pengalaman makan yang seru dan momen istimewa, khususnya hidangan bakso dan beragam gorengan menggunakan saus,” tandasnya. (tam;  Wisnu Kurniawan; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2019/05/04/298/2051614/begini-penampakan-bakso-raksasa-dengan-diameter-3-meter)-FatchurR *

One Response to Penampakan Bakso Raksasa Berdiameter 3 Mt

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    Ibarat manusia yg spt keladi, kian tua makin menjadi, kulimer jg demikian tapi rasa gurih sedap tetap digandrungi publik. Skrg ini hal rasa rata2 menu boleh dikata sudah saling bersaing tipis, shg acaranya bertambah yaitu sensasi sbg upaya lbh menarik langganan, sbg contoh disini pembuatan bakso diperbesar semaksimal mungkin, walau hal ini berarti menambah peralatan masak terutama pancinya yg hrs lbh besar dr daging baksonya dan biayanya cukup besar, tp toh tetap sj tdk menghalangi niat agar jd lbh menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita