logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Nias Dijadikan Destinasi Wisata Berkelas Dunia

sail nias 2019(koran-jakarta.com)-SAIL NIAS-2019 resmi diluncurkan di Jakarta. Dengan Sail Nias ini, Pemprov Sumut optimistis jika pariwisata di Nias akan bangkit. Pemprov yakin daerah ini akan jadi desti­nasi wisata berkelas dunia.

 

Pemprov didukung dari lembaga2 pemerin­tah pusat, seperti Kemenpar tengah mempersiapkan hal ini. Dengan sinergis dari banyak pihak maka cita2 menjadikan Nias wisata berkelas dunia bisa diwujudkan.

 

Lebih jauh terkait persiapan oleh jajaran Pem­prov Sumut menjadikan Nias sebagai wisata berkelas dunia, wartawan Koran Jakarta, Muhammad Zaki Alatas berkesempatan mewawanca­rai Wagub Sumut, Musa Rajekshah, di Jakarta, belum lama ini. Berikut peti­kan selengkapnya.

 

Seberapa yakin Pengembangan Nias berhasil?

Kami yakin. Hal ini karena Nias berpotensi destinasi wisata luar bi­asa. Kini tinggal upaya mendorong Nias lebih dikenal wisatawan mancanegara (Wisman).

 

Apa sajaa Wisata unggulannya?

Di Nias ada atraksi wisata alam, budaya, dan buat­an manusia, misal Desa Bawomataluo jadi ikon wisata budaya Pulau Nias berdaya tarik tari fataele dan fahombo batu. Pantai Sorake dan Lagundri itu salah satu spot surfing terbaik di dunia.

 

Teluk Dalam, desti­nasi diving dengan pantai alami serta Desa Hilisao’oto yang memiliki Situs Megalitik Tetegewo di Nias Selatan se­bagai rumah bagi peradaban megalitikum yang hidup.

 

Upaya apa untuk mendorong Nias jadi destinasi dunia?

Salah satunya membuat Sail Nias-2019, strategi pari­wisata yang tepat. Di­harap­kan men­da­tangkan wisatawan2 domestik dan wisman yang berkontribusi devisa dan membantu meningkat­kan pertumbuhan ekonomi Nias dan Sumut khususnya, serta Indonesia secara umum.

 

Hanya itu saja?

Untuk menyukseskan Sail Nias, perlu sinergi kuat antara pemerintah pusat dan daerah. Ini momentum strategis bagi Nias. Saya harapkan impian kami mengembangkan Nias sebagai destinasi wisata du­nia bukan hanya tahun 2019, tapi berlanjut untuk tahun2 berikutnya.

 

Maksudnya?

Setelah Sail Nias 2019, kami inginkan event2 nasional dan internasional dihadirkan ke Nias. Dengan begitu, per­ekonomian di daerah bangkit dan meningkatkan wisnus dan wisman ke Nias dan Sumut.

 

Diisi acara apa saja Sail Nias?

Ada rang­kaian, di antara 17 kegiatan yakni world surf league Nias, won­derful expo, parade kapal nelayan tradisional, seminar warisan bu­daya Nias, kuliner, festival lompat batu (fahombo batu), ekspedisi, festival ke­pulauan, atraksi terjun payung, dll.

 

Berapa target Wisatawan ke event tersebut?

Kami target 100 ribu orang saat Sail. Mudah2an tercapai. Target itu didasar­kan sebelumnya event bertaraf Nasional Nias Pro sudah dilakukan di Nias. Kami yakin itu tercapai, apalagi kami bisa lihat dalam pembukaan ini antusias cukup luas biasa.

 

Berapa Jumlah wisatawan yang ke Nias?

Jumlah pengunjungnya 4 tahun terakhir mencapai rata-rata 240 ribu orang per tahun dan proyeksi 2024 dikunjungi satu juta orang. Hal ini diyakini karena potensi wisata unggulan di Nias dapat mendongkrak jumlah wisatawan yang ada, terlebih ombak Pantai Nias menjadi salah satu ombak terbaik di dunia.

 

Infrastruktur pariwisata di Nias?

Kami kejar infra­struktur2 yang dalam proses perbaikan hingga Sail Nias 2019 dapat difungsikan seperti sarana dan prasarana umum, Bandara, pelabuhan, dan penginapan2 untuk wisatawan ke de­pannya.

 

Bagaimana dengan Hotel?

Kami lihat hotel2 di Nias sudah baik, cuma kami harap banyak hotel yang bertaraf internasional bisa da­tang ke Nias dan berinvestasi supaya banyak wisatawan yang datang.

 

Akses transformasi bagaimana?

Akses ke Nias makin mudah, penerbangan Jakar­ta–Gunung Sitoli 3x per minggu; dalam 2 jam 20 menit. Medan–Gunung Sitoli 6–7x per hari hanya 50 menit de­ngan pesawat jenis ATR. Juga penerbangan dari Padang–Gunung Sitoli 1x dalam 1 jam, dan Padang–Tello–Gunung Sitoli–Sibolga 3 kali seminggu.

 

Hanya lewat udara?

Tidak. Untuk transpor­tasi laut dilayani dengan rute pelayaran Gunung Sitoli-Sibol­ga setiap hari ditempuh dalam 8 jam dan Teluk Dalam-Sibol­ga, Teluk Dalam-Tello-Padang, dan Gunung Sitoli-Padang.

 

Untuk bandara sudah internasional?

Belum; Bandara Binaka Nias baru dikembang­kan, panjang landasan pacu 2.200–2.500 mt dan lebar 30 mt. Baru bisa didarati pesat Bombardier CRJ 1.000 kapasitas 100 penumpang. Bandara internasional minimal panjang landasan 2.500 mt, lebar 45 mt dengan kekuatan me­nahan beban 56 PCN supaya dapat didarati pesawat jenis Boeing 737-800. (N-3; Bahan dari : http://www.koran-jakarta.com/jadikan-nias-sebagai-destinasi-wisata-berkelas-dunia/)-FatchurR *

One Response to Nias Dijadikan Destinasi Wisata Berkelas Dunia

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    Pulau Nias diujung utara pulau Sumatera, merupakan pintu masuk pertama transportasi laut/udara.
    Dikelilingi oleh laut Samudra Hindia dan Alur Selat Malaka, jd wisata laut disini akan disuka krn bisa dipilih antara dua jenis wisata air. Tinggal bagaimana membentuk wahananya yg bisa menarik minat wisman juga wisnus. Ditunjang oleh kultur masyarakat yg menunjang kebebasan wisatawan melakukan kegiatan yg dikehendaki, tidak akan menimbulkan stigma penduduk setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita