logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Meracik Sorgum untuk Trancam Hingga Bolu

Meracik Sorgum untuk Trancam Hingga Bolu(republika.co.id)-JAKARTA; Pernah mencicipi sorgum (bahasa Jawa lebih dikenal dengan cantel)? Sorgum adalah tanaman sejenis padi atau mirip jagung yang bisa dikonsumsi layaknya beras dan jagung.

 

Sorgum bisa diolah dalam beragam hidangan. Chef Restoran Kaum Jakarta, Rachmad Hidayat, mengatakan selain pengganti nasi, sorgum bisa dijadikan bahan dasar membuat makanan lain. Misalnya trancam sorgum, yaitu sejenis urap yang terinspirasi dari Jatim.

 

Aslinya, trancam tidak pakai sorgum, hanya sayuran mentah. “Kami tambah sorgum untuk trancam. Setelah dites hasilnya enak,” jelas Chef Rachmad. Sorgum trancam ini penambah salah satu sayuran. Fungsinya menambah cita rasa dan menampilkan keunikan makanan ini sesuai konsep restoran Kaum Jakarta yang selalu menampilkan makanan Indonesia yang unik dan autentik.

 

Trancam sorgum cocok dikonsumi dengan kerupuk gendar dari beras. Selain terancam, sorgum bisa dijadikan nasi goreng sei sapi yang dikombinasi sayuran. Karena sifat sorgum berat dan kering, karena itu tambahkan sedikit sayuran agar ada unsur basah dan renyah.

 

“Dasarnya dari bumbu cabai hijau, ditambah sei sapi yang diasap dari kayu kosambi. Ini menambah cita rasa berbeda, makanan jadi lebih maksimal bila diasap dengan kayu kosambi,” tambahnya.

 

Adapula camilan jipang dari sorgum. Rasanya tak kalah enakdan tidak bisa dibedakan dengan jipang dari beras atau jagung. Rasanya manis dan membuat ketagihan. Di suatu resto, pengunjung bisa menikmati bolu sorgum dari tepung sorgum berpadu krim lemon dan ditaburi remahan sorgum. “Semua murni dari sorgum, gulanya pun dari sorgum. Itu makanan sehat dan berkualitas” ujarnya.

 

Bolu sorgum ini rasanya manis, namun teksturnya lebih kasar. “Karena sorgum memang dibuat halus tidak bisa, sifatnya bijian, keras, beda dengan beras. Sorgum sehat untuk yang berkadar gula tinggi,” ujarnya. Sorgum bisa dijadikan pengganti kacang kedelai dan dijadikan kecap. Hasilnya kecap lebih kental dibanding kecap biasa. Rasanya mirip.

 

Semua menu dari sorgum ini tersedia di suatu resto di Jakarta Pusat. Menu disajikan per satuan, kecuali nasi campur sorgum, yang terdiri dari nasi sorgum, satai buntel, dan bakwan sorgum.

 

“Kami coba perkenalkan masakan Indonesia yang tidak dikenal orang apalagi tamu banyak orang asing. Kami pernah coba sajikan ke orang asing, tes, dikasih terancam, apresiasi tinggi,” ungkapnya.

 

Harga menu sorgum di restoran itu  tidak sampai di atas Rp 100 ribu.  (Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari; Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/po1jl9328/meracik-sorgum-untuk-trancam-hingga-bolu)-FatchurR *

One Response to Meracik Sorgum untuk Trancam Hingga Bolu

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    Kuliner menu baru dari bahan yg dulunya sekelas mknan rakyat jelata, malah di era milineal makmur menjadi kuliner baru yg jd santapan dihotel mewah.
    Salut bg Chef yg sdh meramu menu baru itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita