Mengenal Silvia Halim Sosok Dibalik MRT Jakarta

Mengenal Silvia Halim Sosok Dibalik MRT Jakarta(Cuplikan dari: megapolitan.kompas.com)-JAKARTA, Nama Silvia Halim mendadak ramai diperbincangkan di medsos setelah Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada Minggu (24/3/2019).

Tidak sedikit warganet menyejajarkan Silvia dengan tokoh perempuan lainnya seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani atau Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Silvia bukan sosok main-main dalam pembangunan MRT. Ia Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta. Pembangunan proyek yang membentang dari Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia ada di tangannya.

Silvia bergabung dengan PT MRT Jakarta sebagai Direktur Konstruksi pada 31 Agustus 2016. Sejak itu, Silvia tercatat sebagai satu-satunya perempuan dalam jajaran direksi.

“Cukup unik, karena dunia saya dunia lelaki. Saya cuma perempuan kedua sebagai project engineer. Bukan eksistensi, tapi orang suka bertanya apa kamu bisa kerjain ini,” ujar Silvia dalam acara yang digelar Kompasiana di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Desember 2018

Pengalaman Silvia di bidang konstruksi tidak sembarangan. Dikutip dari situs resmi MRT Jakarta, lulusan S1 Teknik Sipil Nanyang Technological University itu berpengalaman 12 tahun dalam berkarier di Land Transport Authority (LTA) Singapura.

Segudang pengalaman Silvia di Singapura tak membuat ia terlena. Ia memilih pulang ke Jakarta bergabung di PT MRT dan mewujudkan transportasi umum yang mampu melayani warga Jakarta.

“Hasrat saya membangun sesuatu untuk melayani dan berdampak bagi masyarakat. Sungguh, saya merasa puas ketika melihat infrastruktur yang tim dan saya kerjakan itu bermanfaat bagi kehidupan banyak orang,” ujar Silvia, dikutip dari Kompas.id.

Segala pengalaman Silvia agaknya membuatnya tak memiliki tantangan berarti dalam membangun MRT pertama di Indonesia. Bagi Silvia, proyek MRT Jakarta adalah sarana belajar sebanyaknya dari teknologi infrastruktur transportasi umum negara lain, seperti Jepang dan Singapura.

“Harapannya, Indonesia dapat membangun infrastrukturnya dengan teknologi terbaru secara mandiri tanpa bergantung kepada negara lain,” katanya.

Tugas Silvia masih panjang. MRT Jakarta yang baru diresmikan baru fase I, ada dua fase lain yang harus dikejar Silvia dan kawan-kawan.

Namun, cerita Silvia jadi inspirasi bahwa siapapun bisa melakukan yang terbaik bagi kota dan Tanah Airnya tanpa memandang jenis kelamin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Mengenal Silvia Halim, Sosok di Balik Konstruksi MRT Jakarta…”, Klik untuk baca

https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/26/11584381/mengenal-silvia-halim-sosok-di-balik-konstruksi-mrt-jakarta?page=all ;  Penulis : Ardito Ramadhan; Editor : Andri Donnal Putera

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

(Diedit dan disajikan ulang oleh FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita