Lebaran Ketupat di Madura

Lebaran Ketupat di MaduraPamekasan, Kompas.com-Bagi masyarakat di Madura, Jatim, hari Idul Fitri tak lengkap tanpa merayakan Lebaran ketupat. Hanya Lebaran ketupat ini tidak dirayakan pada 1 Syawal, tapi tiap tanggal 7 Syawal setelah muslim selesai melaksanakan ibadah puasa sunat 6 hari di bulan Syawal.

 

Menu Lebaran ketupat di Madura tak langsung disantap. Menu ketupat dan opor ayam atau ayam goreng terlebih dulu dibawa ke imam masjid atau mushala setempat. Setelah makanan terkumpul, para warga yang biasa shalat berjamaah di masjid atau mushala berkumpul dan menggelar doa bersama.

 

“Setelah doa bersama selesai, masakan yang diantarkan masyarakat kemudian disajikan kepada yang membaca doa,” kata Hafiduddin, salah satu tokoh masyarakat di Desa Tentenan Timur, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Kamis (15/8/2013).

 

Menurut Hafiduddin, tradisi ini disebut Terater dan terus dipelihara, mempererat tali persaudaraan antar muslim setelah selesai berpuasa Syawal 6 enam hari. Ritual ini sekaligus sebagai tanda syukur kepada Tuhan karena diberi kemampuan melanjutkan puasa 6 hari setelah puasa wajib Ramadhan.

 

“Meski tak semua warga mampu melanjutkan puasa di bulan Syawal, tapi tradisi Terater dan doa bersama tetap digelar, tanda syukur kepada Allah”. Tradisi Terater tidak hanya ke imam masjid atau mushala saja, tapi juga ke warga miskin dan janda tua yang tidak mampu memasak ketupat ataupun memotong ayam.

 

“Orang miskin, orang jompo dan janda tua bisa menikmati ketupat dan masakan ayam di Lebaran ketupat ini karena tradisi Terater,” ujar Hafiduddin. Tradisi ini dilakukan anggota keluarga yang sudah memisahkan diri dari ortunya karena membangun keluarga baru. Sehingga hilir mudik masyarakat untuk Terater ke rumah ortu atau mertuanya mirip dengan suasana Idul Fitri.

 

Tradisi ini berdampak ke warga perajin ketupat janur. Tiap jelang perayaan ketupat, penjualan janur dan bungkus ketupat janur laku keras di sejumlah pasar tradisional. Sehingga pendapatan perajin ketupat janur meningkat berlipat ganda. (Taufiqurrahman; Farid Assyifa; http://regional.kompas.com/read/2013/08/15/1818363/Ini.Tradisi.Lebaran.Ketupat.ala.Madura)-FatchurR

One Response to Lebaran Ketupat di Madura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita