Trenggalek punya Negeri diatas awan

trenggalek-punya-negeri-diatas-awanTrenggalek – Minggu ini ada long weekend. Mainlah ke Trenggalek (kalau gak salah seorang sahabat alumni-RNSB-A-68 sering ke kota ini), di sana ada Bukit Banyon. Pemandangannya seperti Negeri di Atas Awan. Kab-Trenggalek berdaya tarik wisata lengkap, dari pantai, gua hingga alam pegunungan.

 

Salah spot yang layak dikunjungi adalah Bukit Banyon, di perbatasan Desa Widoro dan Karanganyar, Kec-Gandusari. Di perbukitan ini, wisatawan dapat menikmati 4 keindahan alam dalam waktu yang berbeda. Dari matahari terbit, negeri atas awan, matahari tenggelam dan negeri bintang bisa dinikmati semua.

“Sunrise muncul pukul 05.30 WIB, sedang Negeri atas awan mulai pukul 05.00 WIB – 08.00 WIB,” kata  warga, Marzuki (4/12/16). Menyaksikan keindahan matahari terbit butuh cuaca tepat, sama halnya dengan tempat2 lain. Terbitnya matahari di lokasi ini begitu indah, surya menyembul di sela2 gugusan pegunungan dan perbukitan di sisi timur Kab-Trenggalek.

Puas menikmati matahari terbit, kita disuguhkan keindahan gumpalan awan terhampar menyelimuti permukiman warga dan perbukitan. Ketebalan awan ini tergantung kondisi cuaca. “Kalau malam hujan, kabut / awannya itu tebal sekali, kita seakan berada di atas awan. Tapi kalau malam cerah, kabutnya tipis, namun tetap indah,” ujarnya.

Pesona negeri di atas awan ini dimanfaatkan traveler berfoto. Untuk menambah suasana lebih nikmat, wisatawan bisa pesan aneka minuman hangat di warung sekitar puncak Bukit Banyon. Jika dua pesona alam pegunungan di pagi hari kurang cukup, kita bisa nikmati keindahan tenggelamnya surya / sunset. Matahari tenggelam ini sekitar pukul 17.30 WIB.

“Nah, malam harinya masih ada lagi menikmati keindahan alam. Gemerlap jutaan lampu yang ada permukiman itu kalau malam mirip dengan bintang2” imbuhnya. Sseorang traveler, Wildan baru pertama ke kawasan Bukit Banyon.

 

Menurutnya lokasi ini menarik dan berpotensi dikembangkan jadi kawasan wisata yang lebih reperesentatif. “Mungkin kalau ditambah semacam gazebo atau kursi taman akan lebih menarik, sayang banget kalau wisata alam yang bagus ini hanya dibiarkan begini saja,” katanya.

 

Cara kesana

Bukit Banyon ±13 Km di selatan pusat Kota Trenggalek. Untuk menjangkau lokasi ini wisatawan tak perlu repot2 jalan kaki, karena bisa dijangkau bersepeda motor dan kendaraan roda-4. Namun harus tetap ekstra hati2, karena jalannya terbuat dari cor semen, selain itu terdapat beberapa tanjakan tajam.

“Dari arah Trenggalek kota, bisa ambil jalur ke arah Kec-Gandusari-Kampak. Di Pasar Gandusari belok kiri hingga ±1 Km, lanjut belok ke selatan hingga puncak,” kata Marzuki. Pengunjung dari arah Tulungagung, bisa ambil jalur perempatan Kedunglurah ke arah selatan dan menyusuri jalan kabupaten 6 Km hingga Desa Widoro, Kec-Gadusari.

“Kemudian belok ke selatan dan naik hingga ke puncak Bukit Banyon. Kawasan puncak Banyon gratis  dikunjungi, pengunjung juga bisa menginap dengan mendirikan tenda,” ujarnya. (krn/fay; Adhar Muttaqin; http://m.detik.com/travel/read/2016/12/05/075000/3362524/1519/ajaib-trenggalek-punya-negeri-di-atas-awan)-FatchurR

One Response to Trenggalek punya Negeri diatas awan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita