Seri KeshFR(36)-Dicari peminat menjadi Diabetasi

makanan-pemicu-obesitasDalam komunitas dilingkungan saya diketahui terdapat penambahan sahabat yang berpenyakit Diabetasi (Diabetasi) seorang tiap dua tahun. Bagi saya tidak terlalu penting akurasi angkanya apakah juga terjadi pada komunitas anda. Namun substansi kenapa hal demikian bisa terjadi.

 

Seperti kutipan dari sajian dibawah ini pasien Diabet akan bertambah 12,9 Juta dalam waktu 10 tahun. Jika data itu benar dan diandaikan penambahannya linier tiap tahun, maka diperkirakan masih tersedia lowongan sebagai Diabetasi : (2030-2016); dikalikan 1,29 juta dibagi 30 = 6 jutaan. Dan itu menunggu mereka yang berminat. Syaratnya tidak sulit2 amat kok.

 

Saya awali dari pengalaman seseorang (sebut saja Ab) sebagai varian berikut ini:

Ab adalah pemain catur. Setiap berlatih atau lomba catur dipastikan lama duduk dan seringkali banyak camilan sepanjang permainan, khususnya jajanan gorengan. Dia pehobi Catur sejak kecil  dan tidak pernah rutin ber-OR.

 

Jajanan lainnya sepanjang hari tidak luput dari santapannya, walau tidak banyak, tapi terus dan terus. Kayaknya menjadi budaya dia, teman2 dekatnya dan lingkungannya. Beranjak dewasa dia yang aktif berorganisasi makin menambah porsi kurang geraknya, kurang paparan sinar matahari pagi dan asupan konsumsi ketika rapat2.

 

Sejak berkeluarga dan beranak, kesukaan makanan ringannya bertambah yang berubah menjadi hobi yaitu : Dawet (cendol); minuman bersoda ringan; buah nangka yang dijual daging nangkanya (tinggal makan), minum es teh manis, dan ice cream. Olah raga? Kebiasaan awal tidak berubah. Ditambah kadang muncul persoalan agak rumit di kantor, di rumah atau di masyarakat yang sesekali membuatnya stress.

 

Marilah berlanjut memperhatikan berita dibawah ini yang gampangannya bisa diartikan terbuka peluang bagi anda yang berminat sebagai bagian dari berita tersebut, monggo :

 

Yogyakarta- Jumlah penyandang diabetes atau diabetesi di Indonesia akan mencapai 21,3 juta  tahun 2030, meningkat 12,9 juta dalam 30 tahun, sejak tahun 2000. “Hanya dalam 30 tahun, jumlah penyandangnya di Indonesia melonjak tajam jadi 21,3 juta” kata dosen Fakultas Psikologi UGM, Nida Ul Hasanat, di Yogya, Sabtu (1/10).

 

Ia menuturkan, hasil survei World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia tahun 2000 memperlihatkan Indonesia menempati urutan keempat jumlah penyandang diabetes terbesar di dunia sebanyak 8,4 juta, setelah India 31,7 juta, Cina 20,8 juta dan Amerika Serikat (17,7 juta).

 

Menurut dia, penyebab peningkatan jumlah diabetesi adalah kurangnya manajemen diri dari diabetesi. Manajemen diri diabetes, lanjut Nida, merupakan keterlibatan pasien terhadap aspek2 penyakitnya, berupa diet, olah raga atau aktivitas fisik, pengobatan dan pemantauan kadar glukosa dalam darah.

 

“Karena kesulitan memanajemeni diri, mengakibatkan kontrol glukosa jadi buruk. Sehingga penyandang diabetes makin tidak sadar kondisi riil dirinya yang terkena diabetes. Hal itu terus terjadi pada penyandang diabetes yang baru, semakin lama jumlahnya makin banyak,” terang dia.

 

Nida mendorong, agar pasien dapat meningkatkan keyakinan diri melakukan manajemen diri diabetes dengan cara terlibat dalam komunitas pasien diabetes. Selain itu, lanjut dia, peran keluarga penyandang diabetes diharapkan untuk memberi dukungan.

 

“Intinya, manajemen diri diabetasi diperlukan menghindarkan diri atau memperlambat munculnya komplikasi. Sebaliknya, bagi masyarakat yang belum terindikasi diabetes, harus segera memeneg diri terutama menjalani pola hidup sehat,” tegas Nida. (/FER; ANTARA dan http://www.beritasatu.com/kesehatan/389889-penyandang-diabetes-diprediksi-capai-213-juta-di-2030.html)-FatchurR

 

Penutup sajian ini :

Sesuai dengan judul tulisan ini jika anda berminat aada peluang untuk menjadi Diabetasi dengan persyaratan kurang lebih :

 

1-Minuman Manis dan atau bersoda

2-jajanan gorengan; hobi camilan, kurang tidur yang salah satunya berisiko ngemil atau makan berat.

3-Merokok

 

4-Malas beraktivitas fisik, Olah raga rutin

5-Kurang paparan sinas matahari pagi

6-Stres

 

7-Sekalian saya sisipkan pesan dari dr. Hiromi Shinya dalam bukunya yang terkenal Keajaiban enzyme yaitu : “yang menentukan keadaan kesehatan seseorang adalah Akumulasi harian hal2  seperti yang saya cantumkan dalam penutup tulisan ini yang berlangsung pada kurun waktu tertentu.

 

8-Timbul pertanyaan apakah sajian ini mengandung kebenaran? Saya tidak tahu. Tetaapi kalau ditanyakan apakah saya meyakini tiulisan itu ? Ya. Saya mengimplementasikannya walau kadang ada pelanggaran karena situasi. Bagi orang lain (pembaca), silahkan anda melakukan pemeliharaan kesehataan pribadi sesuai keyakinan anda. Bebas kok. (FR-A69; dari rangkuman beberap sumber)

6 Responses to Seri KeshFR(36)-Dicari peminat menjadi Diabetasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita