Sekjen PBB Desak Dunia Serius Menangani Darurat Iklim

Sekjen PBB Desak Dunia Serius Menangani Darurat Iklim(koran-jakarta.com)-MADRID; Sekjen PBB António Guterres, mendesak pe­mimpin dunia agar serius menangani darurat iklim (climate emergency) de­ngan menerapkan total sistem perekonomian dan model bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

 

“Yang dibutuhkan perubah­an transformatif menyeluruh, cepat, dan mendalam, khususnya cara kita menjalani bisnis, membangun pembangkit energi, membangun kota, bagaimana kita berpindah, dan menyuplai pangan untuk masyara­kat. Jika cara hidup tidak lekas diubah, itu membahaya­kan kehidupan” kata Gut­teres saat membuka Konferensi PBB Perubahan Iklim (COP) ke-25 di Madrid, Spanyol (2/12/19).

 

Menurut Gutteres, dunia kini menghadapi situasi darurat iklim yang ditandai dengan tingginya suhu permukaan bumi, pemanasan global, dan anomali cuaca.

 

Para pemimpin dunia memiliki 2 pilihan, yaitu bertahan pada cara lama yang membiar­kan pemanasan global dan dampak perubahan iklim kian parah atau meninggalkan kegiatan yang membahayakan keberlangsungan bumi.

 

“Pada akhir dasawarsa ini, kita dihadapka 2 pilihan. Perta­ma, jalan menyerah, yaitu melakukan banyak aktivitas yang membahayakan kesehatan dan keamanan penduduk planet ini. Apa­kah kita ingin dikenang sebagai gene­rasi yang mengubur kepalanya dalam pasir dan membiarkan planet ini ter­bakar? Pilihan lain, jalan menu­ju harapan. Jalan menuju cara hidup berkelanjutan,” ujar Gutteres.

 

Cara hidup ber­kelanjutan itu salah satunya ditempuh dengan menjalankan misi “Bebas Kar­bon 2050” atau tidak ada lagi gas buang atau emisi karbon yang dihasilkan penduduk dunia pada tiga dasawarsa mendatang. “Hidup berkelanjutan di­tandai bahan bakar fosil tetap di bawah tanah,” tambah Gutteres.

 

Peran anak muda

Sekjen PBB juga menyinggung pe­ran aktif anak muda di berbagai nega­ra yang menuntut para pemimpin du­nia segera membuat langkah konkrit mengatasi dampak perubahan iklim.

 

COP 25 di Madrid dihadiri Presi­den COP 25, Carolina Schmidt, yang juga Menteri Lingkungan Cile, Sekretaris Eksekutif Konvensi Kerangka Kerja Perubahan Iklim PBB (UNFCCC), Patricia Espinosa, dan PM Spanyol, Pedro Sánchez. COP 25 diadakan Pemerintah Cile yang didu­kung Pemerintah Spanyol.

 

Konferensi Madrid mendapat du­kungan pemimpin Kongres AS, Nancy Pelosi, dari Washington untuk memastikan kepada dunia bahwa AS masih serius tentang per­ubahan iklim meski Presiden Do­nald Trump memutuskan untuk me­narik diri dari kesepakatan Perjanjian Paris 2015.

 

(Kiriman : Yong Sidharta-A61; sumber dari : AFP/ang/AR-2; http://www.koran-jakarta.com/sekjen-pbb-desak-dunia-serius-tangani-darurat-iklim/)-FatchurR

One Response to Sekjen PBB Desak Dunia Serius Menangani Darurat Iklim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita