Khasiat Dan Manfat Keningar

Kayu manisKulit kayu manis dikenal dengan Cinnamomum verum, synonym C. zeylanicum, (Bhs Jawa,  Keningar) ialah penghasil rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang menggunakan rempah ke dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas. Kayu manis adalah bumbu makanan tertua.
Kayu manis secara tradisional dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung. (wikipedia: kulit kayu manis)
Khasiat dari kayu manis untuk Kesehatan : Untuk Diabetasi dapat mengatur gula darah; Untuk penderita kolesterol karena mengurangi kadar kolesterol LDL. Dalam penelitian, manfaat kayu manis efektif terhadap bakteri penyebab tukak H. Pylori dan patogen lainnya. Untuk penderita rematik. Mengurangi rasa sakit terkait arthritis. Kayu manis mampu mengurangi sitokin terkait dengan nyeri rematik.
Mencegah kanker. Penelitian di University of Texas, (dalam jurnal Nutrition and Cancer) : Kayu manis mengurangi proliferasi sel kanker, baik untuk pencegahan kanker dan mengobati penderita penyakit kanker. Mengandung serat, kalsium, zat besi, dan mangan-meski dalam jumlah kecil dengan dosis khas bubuk kayu manis.
Sudah terbukti efektif untuk nyeri haid; Membantu menyeimbangkan hormon. Kayu manis mengandung zat kimia alami yang disebut cinnamaldehyde, studi menunjukkan kayu manis dapat meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan produksi testosteron pada wanita.
Kayu manis bermanfaat untuk neurodegenerative, termasuk: penyakit Alzheimer, Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, dan meningitis, menurut penelitian di Laboratorium Riset Sitokin, Departemen Experimental Therapeutics, The University of Texas, bahwa kayu manis mengurangi peradangan kronis terkait dengan gangguan neurologis. Berikut contoh Kayu Manis atau Keningar untuk pengobatan :

1. Kerontokan rambut : Yang rontok rambut (botak) dapat mencampur minyak zaitun panas, 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis sebelum mandi. Oleskan di kepala dan diamkan 15 menit setelah itu baru dibasuh. Ramuan yang didiamkan dikepala 5 menit pun tetap efektif.

2. Infeksi kandung kemih : Campurkan 2 sendok makan bubuk kayu manis dan 1 sendok teh madu ke dalam segelas air hangat. Ramuan ini membunuh kuman-kuman dalam kandung kemih.
3. Sakit gigi : Buat campuran 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendok teh madu.

4. Kolesterol : Kadar kolesterol dapat diturunkan dengan 2 sendok madu dan 3 sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur 16 ounce (16 kali 28 gram kira kira 1 pon = 454 gram) air teh. Ini mengurangi kadar kolesterol 10% dalam 2 jam. Madu murni yang diminum harian meringankan gangguan kolesterol.

5. Pilek : Pilek ringan-berat dapat disembuhkan dengan 1 sendok makan madu dan ¼ sendok teh bubuk kayu manis tiap hari selama 3 hari. Dapat menyembuhkan batuk-pilek kronis-membersihkan sinus.

6. Mandul : Pengobatan Yunani dan Ayurveda menggunakan madu bertahun-tahun memperkuat semen (air mani = sperma). Dua sendok makan madu yang diminum teratur sebelum tidur berefek menyuburkan. Wanita Jepang, Cina dan Asia Timur yang sulit hamil dan ingin memperkuat rahim, lazim mengkonsumsi bubuk kayu manis sejak berabad-abad lalu. Wanita yang sulit hamil sebaiknya mengoleskan madu dan sesendok teh bubuk kayu manis pada gusinya.

7. Sakit perut : Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakit perut. Juga dapat membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampai ke akar-akarnya.

8. Kembung : Madu yang diminum bersama kayu manis dapat mengurangi gas dalam perut.

9. Bau napas : Satu sendok teh madu dan bubuk kayu manis yang dicampur air panas dapat membuat nafas tetap segar sehari penuh. Orang Amerika Selatan biasa meminum ramuan tersebut di pagi hari.

10. Sakit kepala sinus : Minum campuran madu-juice jeruk, menyembuhkan sakit kepala karena sinus.

11. Kelelahan : Kandungan gula dalam madu lebih bermanfaat daripada merugikan tubuh. Warga Lansia yang mengkonsumsi madu dan bubuk kayu manis dengan ukuran sama, lebih bugar dan fleksibel. Penelitian Dr. Milton membuktikan ½ sendok makan madu yang diminum bersama segelas air dan ditaburi bubuk kayu manis, meningkatkan vitalitas tubuh. Ramuan ini diminum tiap hari setelah menggosok gigi dan jam 3 sore pada saat vitalitas tubuh menurun.

12. Kanker : Riset terakhir di Jepang dan Australia : Kanker perut dan tulang stadium lanjut dapat disembuhkan dengan madu dan kayu manis. Pasien cukup minum 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis selama sebulan 3 kali sehari.

13. Kelebihan berat badan : Minum segelas air yang direbus bersama madu-bubuk kayu manis tiap pagi ½ jam sebelum sarapan (perut masih kosong). Bila teratur, mengurangi berat badan, bagi yang sangat gemuk, minum ramuan ini teratur, mencegah lemak terakumulasi, meski tetap makan makanan kalori tinggi
.
14. Influenza : Ilmuwan Spanyol telah membuktikan bahwa madu berisi kandungan alami yang membunuh kuman influenza dan menyembuhkan pasien dari flu. Maka minumlah madu ketika akan flu.

15. Jerawat : Oleskan 3 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur. Basuh keesokan harinya dengan air hangat. Bila dilakukan rutin setiap hari selama 2 minggu, akan menyembuhkan jerawat sampai ke akar-akarnya.

16. Infeksi kulit : Ambil 1 bagian madu dan 1 bagian bubuk kayu manis, oleskan bagian kulit yang sakit.

17. Mencegah penuaan : Teh yang dicampur madu dan bubuk kayu manis dan diminum tiap hari dapat mencegah penuaan. Ambil 4 sendok madu, 1 sendok bubuk kayu manis dan 3 cangkir air, rebus seperti membuat teh. Minum 4x sehari. Ini membuat kulit segar, halus dan mencegah penuaan. Harapan hidup juga bertambah

18. Arthritis (radang sendi / Encok) : Ambil 1 bagian madu dan 2 bagian air suam-suam kuku. Tambah 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis. Campur madu, air hangat dan bubuk kayu manis. Pijat ke bagian yang sakit perlahan. Rasa sakit berkurang dalam 1-2 menit. Penderita arthritis dapat minum 1 cangkir air panas dengan 2 sendok madu dan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis tiap hari, pagi dan malam. Bila diminum teratur, ramuan ini dapat mengobati penyakit arthritis kronis.

19. Penyakit jantung : Oleskan madu dan bubuk kayu manis pada roti waktu sarapan tiap harinya. Madu dan kayu manis mengurangi kolesterol dalam pembuluh arteri, dan mengurangi resiko serangan jantung. Yang  terkena serangan jantung bila mengkonsumsi madu dan kayu manis tiap hari terhindar dari serangan jantung kedua.

Konsumsi madu dan kayu manis secara teratur dapat memperlancar pernapasan dan memperkuat detak jantung. (Yong Sidharta; Gus Muzie di Jumat, Maret 21, 2014; http://assyfanet.blogspot.com/2014/03/khasiat-dan-manfat-keningar.html)

3 Responses to Khasiat Dan Manfat Keningar

  • Khusus u/ diabetes melitus:
    Broadcast dari teman : “Kandungan Gula pada darah”. Teman Sy keturunan dr org tua penderita diabetes. Sdh lama mengkonsumsi “Rebusan/Godokan Kayu Manis” Awalnya sy minum seperlunya, krn tujuannya untuk kesembuhan batuk sy. Suatu saat sy baca brosur ” Sirup Kayu Manis” disebuah apotik, salah 1 faedahnya utk nurunkan kadar gula dlm darah & meningkatkan stamina Pria. Karena sy pernah mnm rebusan kayu manis sebelumnya, maka sy minum lg lebih sering. Dan hasilnya sangat memuaskan. Tes gula terakhir tgl 29 Juli ’14 (tanpa puasa), hasilnya 93 ! Sy pernah sarankan ke kwn sy yg sedang naik (400) dibulan puasa 2014 ini, beliau minum saat sahur dan saat buka, dlm tempo 3 hari turun ke 155. !! Skg keluarga dn teman2 yg keturunan sakit gula sdh mengkonsumsi itu, hasilnya mrk merasakan lebih segar dan serasa lebih bertenaga. Kalau mau coba, ini caranya : 1. Sediakan 3-4 batang kayu manis kering (perbatang sebesar telunjuk). 2. Air putih biasa 1 liter (Dpt dijadikan 2,5 gelas) 3. Ky Manis direbus dgn air biasa smp mendidih dan mengeluarkan warna merah, kecilkan apinya, rebus lagi agak lama agar lebih merah airnya. 4. Angkat dan tuangkan dlm gelas, minum hangat2. Tdk perlu tambahan apa2. 5. Rebusan dpt diulang dan ditambahkan air dgn menambahkan ky manis 1 batang sj. Bau awal rebusanya agak kuat tp wangi, rasanya seperti teh tawar. Konsumsi 2 x sehari (bangun tdr dan mau tdr) utk penderita yg agak tinggi, bila sdh turun, utk tetap mempertahankan / stabilisasi, cukup 1 gelas mau tidur (malam). Mudah2an bermanfaat bagi yg menderita diabetes.

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Kalau manfaat dan khasiat Cinnamon, memang sudaj diyakini dunia sejak jaman purba, dari masyarakat Nusantara, Mesir, Afrika sampai Benua Amerika.

    Soal namanya ada yang menamakan kayu manis kok saya kira jadi kacau dengan kayu manis yang memang manis rasanya. Dirumah dulu nenek saya selain meramu jamu kunyit asam pekat, juga jamu jampi usus, sering pula kami disuruh mengunyah batang kayu manis yang sekecil jari kelingking. Ini beda dengan cinnamon yang keningar berupa kulit kayu yang dijadikan bubuk untuk bikin kue onbijkoek. PHE KWIE HIANG sejak SMP sudah sering bikin onbijkoek ini.
    Nah saya pingin kerancuan kayu manis 9 saya tidak sempat tau nama ilmiyah Latinnya ) dan keningar/ cinnamon ini ada yang menjelaskan.
    Terima kasih.

  • sofi says:

    Apakah kayu manis itu ada dua macam, karena saya pernah membeli kayu manis itu tidak sama dengan gambar. Bubuknya warnanya putih dan kayunya memang dalamnya putih apabila dijilat atau direbus rasanya manis. Sedangkan keterangan yg saya peroleh dari penjual jamu tradisional keningar itu untuk masakan. Apakah manfaatnya sama keduanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita