Ishtar Gate Kuno Untuk Dewi Cinta

Ishtar Gate Kuno Untuk Dewi Cinta(retizen.republika.co.id)-Tahun 575 SM, Gerbang Ishtar dirancang sebagai gerbang terbesar ke-8 yang masuk ke Kota Babilonia. Gerbang ini ada sejak 1930. Kemudian, jadi koleksi Museum Pergamon di Berlin. Gerbang yang bagian dari tembok Babel ini konon pernah masuk 7 keajaiban dunia.

Namun di abad pertengahan posisinya terganti Lighthouse of Alexandria. Struktur dasar Gerbang Ishtar dibangun oleh Raja Nabopolassar (626-605 SM) dan disempurnakan di zaman Raja Nebuchadnezar II. Pembangunan oleh Nebuchadnezar atas nama dewi ishtar. Meski Ishtar, dewi Babilonia cinta, kesuburan, dan perang, hanya salah satu dewa terkait gerbang, namanya jadi yang terkait dengannya.

Raja memasang plakat di gerbang : “Aku meletakkan banteng liar dan naga garang di gerbang dan menghiasi kemegahan mewah sehingga orang mungkin menatap dalam keajaiban” Tahun 1902-1904, Robert Koldewey dan Walter Andrae, dua arkeolog Jerman pergi ke Babilonia (Maret 1899) melakukan penggalian hingga 15 tahun.

Arkeolog mengumpulkan puluhan ribu fragmen Gerbang, cukup untuk mengisi 900 kotak. Tapi bencana melanda. Pada 1914, penggalian terhenti, tim terpaksa mengevakuasi dan meninggalkan temuannya karena Perang Dunia I 1914. Fragmen-fragmen akhirnya diangkut ke Universitas Porto di Portugal.

Pada 1926, Andrae berhasil mengirimkan kotak ke Berlin. Dia putuskan dengan berani untuk merekonstruksi bagian luar dari Gerbang Ishtar. Proyek dimulai tahun 1928, menyortir dan memotong bersama fragmen adalah tantangan paling menakutkan tim. Tahun 1930, mereka  berhasil menyelesaikan 30 singa, 26 banteng dan 17 naga.

Buku The Excavations at Babylon karya Robert Koldewey, menyebutkan Gerbang Ishtar ada 3 pintu masuk, pintu tengah dengan 4 pintu, satu di kanan, dan satu di kiri, masing-masing dengan pintu ganda. Dengan dinding masih berdiri setinggi 12 meter, ditutupi relief batu bata berwarna biru juga dihiasi dengan penggambaran binatang yang fantastis.

Hiasan dinding Gerbang Ishtar ada sosok simbol banteng dan naga yang bergantian. Mereka ditempatkan dalam baris horizontal di dinding yang terbuka untuk pengamatan oleh mereka yang masuk atau lewat. Masing-masing representasi hewan menempati ketinggian 13 lapangan bata. Dan diantaranya ada di jalur datar, sehingga jarak dari kaki satu ke kaki berikutnya 24 jalur.

Konsep artistik sirrush beda dari makhluk luar biasa lain dan seni Babilonia begitu kaya. Meski tidak bebas dari kemustahilan, ia jauh lebih fantastis dan tidak wajar dibanding banteng bersayap dengan kepala manusia atau pria berjanggut dengan tubuh burung dan ekor kalajengking dan keanehan lainnya. Seperti yang ditunjukkan oleh nama Babilonia ini adalah Ular Berjalan

Gerbang Ishtar ini sebagai pintu masuk utama ke kota Babylon. Kontruksinya megah memperlihatkan kekuatan dan kejayaan restorasi Nebuchadnezar. Gerbang ini harta karun tak ternilai bangunan warisan sejarah kuno masa Kerajaan Babilonia Peradaban Mesopotamia.

Kini, bangunan warisan Babilonia ini ada di Hillah, Irak. Rekontruksi Gerbang Ishtar disusun di Museum Pergamon, Berlin, yang menunjukkan kekaguman Barat terhadap Peradaban Kuno Babilonia.

(Putri Zaman; Bahan dari : Suluh dan https://retizen.republika.co.id/posts/10417/ishtar-gate-bangunan-kuno-untuk-dewi-cinta)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita