Punthuk Setumbu Dan Gereja Ayam Sudut Magis Lain Borobudur

Punthuk Setumbu Dan Gereja Ayam Sudut Magis Lain Borobudur(cnnindonesia.com)- Jakarta, Candi Borobudur telah lama jadi magnet mendongkrak pariwisata di sekitarnya. Tiap area mengusung konsep wisata #DiIndonesiaAja yang berbeda, namun mampu menyuguhkan kemagisan Borobudur.

 

Misalnya, Punthuk Setumbu di Magelang yang berjarak 1,5 jam dari Yogyakarta. Punthuk Setumbu di gugusan Bukit Menoreh, dan pengunjung dapat menyaksikan kemegahan Borobudur dari kejauhan, dengan cahaya fajar membelah kabut pagi hari bak bingkai Candi Borobudur.

 

Punthuk Setumbu dari bahasa Jawa. Punthuk berarti gundukan atau perbukitan, dan setumbu adalah tumbu. Jadi Punthuk Setumbu, tempat nasi terbuat dari anyaman, menyerupai bentuk bukit itu. Wahyu Irawan, pengunjung yang datang bersama keluarga menegaskan, berwisata dapat dilakukan selama memperhatikan protokol kesehatan.

 

“Kita harus tetap keluar [rumah], kita harus berani dan menjaga prokes, imun tubuh yang baik, dan hati harus gembira. Hati gembira? Keluarlah, berwisata,” kata Wahyu yang mengenakan masker mulut.

 

Prokes wajib di Punthuk Setumbu, sebelum wisatawan senang-senang dengan wahana yang disediakan, seperti ayunan. Selain itu, spot-spot menjaga jarak diatur hingga pengunjung bisa menikmati pemandangan natural yang luar biasa.

 

Tak jauh dari Punthuk Setumbu, ada obyek wisata Bukit Rhema yang populer dengan Gereja Ayam. Sejarah panjang mengiringi kehadiran Gereja Ayam ini, hingga kini menyediakan wisata religi, wisata alam, sampai wisata edukasi dalam nuansa berbeda.

 

Bangunan yang terinspirasi burung merpati itu jadi rumah berdoa. Di bagian ekor bangunan, ada kafe luar ruangan yang memanjakan mata, dengan hamparan sawah dan perbukitan. Bukit Rhema berarti firman yang hidup. Pernah ditolak warga, Geraja Ayam kini jadi salah satu tempat wisata unggulan.

 

Yang menarik, wisatawan bisa menjejak ke lantai teratas bangunan. Di sini, kembali keindahan pemandangan yang berbeda disajikan, termasuk Candi Borobudur. Jangan tahan keinginan berswafoto, Anda akan dapat hasil foto yang mengesankan.

 

Dari Bukit Rhema, Svarga Bumi bisa jadi opsi perjalanan selanjutnya. Bersebelahan di wilayah Candi Borobudur, Svarga Bumi menawarkan keelokan persawahan. Di sini, wisatawan disuguhi hamparan sawah hijau dengan sebaran spot-spot foto.

 

Ada 22 spot foto yang menawarkan vibrasi berbeda. Dari spot yang menawarkan latar belakang Candi Borobudur, ragam rotan, hingga ayunan besar berwarna-warni. Biasanya, wisatawan memilih waktu kunjung pagi atau sore hari.

 

Uniknya, meski modern namun fasilitas yang disediakan memperhatikan etika lingkungan dan tidak merusak persawahan. Pengunjung bisa menyusuri jalan setapak, atau berbincang langsung dengan pekerja di sawah. Sejak awal, Svarga Bumi menawarkan konsep spot wisata yang mendukung perekonomian masyarakat lewat kearifan lokal.

 

“Sawah itu naik kelas, dari tadah hujan, dijadikan sawah produktif, sawah wisata, dan bisa berdayakan masyarakat,” ungkap pengelolanya, Pungky. Kini, Candi Borobudur bukan satu-satunya obyek wisata #DiIndonesiaAja. Di sekitarnya berkembang pesat, sekalipun pandemi menghantam perekonomian lokal. Masyarakat dapat membantu perputaran roda itu, dengan berwisata.

 

Dengan tak mengabaikan masker, cuci tangan di bawah air mengalir atau hand sanitizer, serta tertib jaga jarak. Di berbagai tempat wisata, prokes berbasis CHSE (Clean, Health, Safety, and Environment) telah diterapkan dan wisatawan diharapkan patuh. Jangan lupa bawa perlengkapan pribadi, serta saling jaga, termasuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

 

(rea;  Bahan  dari :  https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201122111748-275-572894/punthuk-setumbu-dan-gereja-ayam-sudut-magis-lain-borobudur)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita