Patung Bunda Maria Berkebaya Di Katedral Jakarta

(news.detik.com)-JAKARTA; Mgr Ignatius Kardinal Suharyo mengajak umat Katolik menanamkan rasa cinta tanah air. Salah satunya  melalui patung replika bunda Maria dengan desain bernuansa Indonesia.

 

Patung itu menampilkan bunda Maria berkain batik dan kebaya, serta slayer warna merah putih. Di bagian dada ada logo Garuda Pancasila peta Indonesia pada bagian mahkota.

 

“Bila selama ini wajah Bunda Maria selalu Eropa, khusus di Katedral Jakarta ini wajahnya lebih Indonesia,” kata Kardinal Suharyo dalam Blak-blakan di detik.com yang tayang, Rabu (25/12).

 

Pembuatan patung itu berawal dari sayembara lukisan bunda Maria pada 2016 bertema “Maria Segala Suku”. Ide dasar dari pembuatan patung yang jadi ciri khas gereja katedral adalah agar supaya pengunjung langsung dapat mengenali asal negara dari patung itu.

 

“Waktu itu (2016) ketika kita mulai dengan sosialisasi Pancasila. Kami tanya adakah penanda yang bisa dipakai membantu umat mengingatkan pesan itu? Persis yang diamati pada waktu awal adalah keadaan dimana persaudaraan di antara warga negara semakin renggang,” tutur Kardinal Suharyo.

 

Selain patung bunda Maria yang disukai umat Katolik, keuskupan agung Jakarta yang dipimpin Kardinal Suharyo juga memiliki upaya lain untuk memahami, menghayati dan mewujudkan nilai-nilai pancasila di lingkungan umat Katolik. Keuskupan agung Jakarta selalu memasukan salah satu sila pancasila dalam tema tahunan gereja katedral.

 

“Sekarang kita sampai di sila keempat, rumusannya menjadi kita berkhitmat bangsa bermartabat. Harapannya supaya nilai-nilai pancasila meresap di dalam batin,” ujarnya.

 

Tak hanya tema tahunan, gereja Katedral dan umat Katolik di Jakarta juga memiliki tasbih Rosario yang berwarna merah putih. Upaya-upaya itu dipilih Kardinal Suharyo agar umat Katolik di Indonesia memiliki warisan berharga terhadap negara yaitu rasa cinta tanah air.

 

(hdf/jat; Hanif Mustafad;Bahan dari : https://news.detik.com/berita/d-4836080/patung-bunda-maria-berkebaya-di-gereja-katedral-jakarta)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita