wni-sukses-buka-toserba-di-jerman-sampai-jengkol-petai-ada-dijual

(Cuplikan dari merdeka.com)-Seorang WNI berbagi kisah inspiratifnya mendirikan usaha di luar negeri. Tinggal di Stuttgart, Jerman, wanita ini membuka toserba ‘Rasa Rindu’ berisi ragam camilan, makanan, dan bahan baku memasak Indonesia.

Semua berawal dari hobinya. Kini ia jadi pengusaha toserba sukses di Jerman. Apa saja yang dijual dalam usaha toserbanya? Simak kisah inspiratifnya dilansir dari laman Youtube DW Indonesia, Kamis (2/2).

Berawal hobi Nyemil Makanan Indonesia

Dewi Josodirdjo salah satu WNI yang sukses dengan bisnisnya. Ia membuka toserba atau bisa disebut toko kelontong menjual makanan dan barang lain asal Indonesia.

Awalnya dari hobi nyemil, ia sangat menyukai camilan khas Indonesia, sementara di Stuttgart tidak ada yang menjualnya dan membuat Dewi harus ke luar kota untuk membeli.

Gunakan Supplier Belanda

Untuk membuka toko terbilang mudah karena akan dibantu langsung oleh petugas dari pemerintahan dan disebutkan hanya cukup ikuti peraturan. Namun Dewi kesulitan mencari supplier, hingga kini ia gunakan supplier dari Belanda.

“Kita juga harus tahu permintaan orang Indonesia di sini itu apa. Bahan yang orang-orang di sini cari, kalau saya cuma tahu camilan-camilan.

Jadi kita harus tahu semua, kita catat, apa yang dibutuhkan dan enggak cuma satu supplier dengan yang kita mau, itu berbagai macam pemasok,” ungkap Dewi.

Makanan dan barang yang paling banyak peminat WNI di Jerman

“Kecap itu nomor satu, lalu sambal berbagai rasa,” ungkapnya. Juga menjadi salah satu makanan paling dicari beberapa barang lain : Minyak telon dan minyak kayu putih karena susah dicari. “Minyak kayu putih dan telon itu tersusah dicari di sini dan di saya ada. Mangkanya pembeli senang,” papar Dewi.

Jual Jengkol hingga petai

Ada salah satu makanan paling unik di toserbanya  misalnya jual jengkol hingga petai. Toserba milik Dewi ini memiliki nama unik dan manis. Toserbanya diberi nama ‘Rasa Rindu’ karena dari rasa kangen Dewi pada  makanan dan barang khas di Indonesia.

Baca artikel dari sumbernya di https://www.merdeka.com/trending/wni-sukses-buka-toserba-di-jerman-sampai-jengkol-amp-petai-ada-dijual.html; Oleh Billy Adytya (bil)

(Diedit dan disajikan ulang oleh FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita