Tips Agar Tak Dehidrasi Saat Puasa

Tips Agar Tak Dehidrasi Saat Puasa(lifestyle.sindonews.com)-SURABAYA; Beribadah  puasa dengan cuaca panas di lapangan, ada cara mencegah Dehidrasi. Dehidrasi bisa terjadi karena orang berpuasa mengubah pola makan pada kondisi normal 3x sehari jadi 2x, yaitu saat sahur dan berbuka.

Karena itu, pengaturan pola makan agar kebutuhan gizi di dalam tubuh tetap terpenuhi, perlu dilakukan. Ahli Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair Mahmud AR, S.Gz, M.Si membagikan tips untuk mengatur pola makan agar kandungan gizi di dalam tubuh tetap seimbang meskipun sedang berpuasa.

Sahur

Agar  perhatikan ketika sahur, asupan cairan tubuh. Selain dari konsumsi air putih cukup, asupan cairan bisa diperoleh dari makanan yang mengandung air seperti sup atau sayuran berkuah. “Konsumsi buah-buahan apel, pir, semangka, dan melon bisa menambah pasokan cairan tubuh,” katanya, Minggu (18/4).

Dosen yang lahir di Solok, Sumbar, itu menuturkan konsumsi makanan yang banyak mengandung serat juga perlu saat sahur. Serat membuat tubuh tak mudah lapar. “Kalau hari normal biasa konsumsi sayur dan buah kurang, saat bulan puasa konsumsi keduanya perlu ditingkatkan karena banyak mengandung vitamin, mineral, dan serat yang bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama,” katanya.

Berbuka
Setelah mengosongkan perut seharian, pengajar Analisis Zat Gizi itu menyampaikan, kita mulai berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan sederhana lebih dulu, seperti minum air putih dan kurma. Makanan utama berunsur karbohidrat, protein, dan zat kompleks lain, sebaiknya setelah salat maghrib. “Berbuka itu sebaiknya tak langsung ke makanan utama, kita awali dengan makanan kecil,” jelasnya.

Ketika berbuka, konsumsi gula perlu dijaga. “Kebanyakan orang ‘balas dendam’ dengan mengonsumsi banyak makanan manis saat buka. Konsumsi ini perlu diperhatikan saat sahur atau buka puasa agar energi tubuh tidak cepat habis dan berat badan tetap seimbang,” katanya.

Pembagian konsumsi air minum

Puasa sering menyebabkan dehidrasi karena tubuh tak mendapat asupan cairan lebih dari 12 jam. Untuk meminimalisirnya, dosen 32 tahun itu menyebutkan tubuh harus tetap mengonsumsi 8-10 gelas air setiap hari. Tidak tanggung-tanggung, Mahmud memberikan contoh pembagian waktu untuk minum minimal 8 gelas air putih demi menjaga pasokan air yang cukup saat puasa.

Pertama kita harus minum 3 gelas air saat sahur dengan jeda satu gelas air diminum ketika bangun tidur, satu gelas air setelah makan sahur, dan satu gelas air sebelum imsak. Setelah itu, konsumsi satu gelas air bisa pertama buka puasa. Sisanya, konsumsi air setelah makan, sebelum tarawih, dan sebelum tidur.

“Yang terpenting kita harus menjaga pola makan dengan baik saat puasa, konsumsi makanan yang banyak mengandung cairan tubuh dan serat saat sahur, serta pilih makanan dengan kandungan karbohidrat, protein, vitamin, dan zat gizi lain ketika berbuka,” katanya.

(tsa; Aan Haryono;  Bahan dari  : https://lifestyle.sindonews.com/read/401762/155/cuaca-sedang-panas-ini-tips-agar-tak-dehidrasi-saat-puasa-1618819467)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita