Hal Sepele Jadi Pemicu Pendarahan Otak

Hal Sepele Jadi Pemicu Pendarahan Otak(lifestyle.sindonews.com)-JAKARTA;  Pelawak Tukul Arwana  masih dirawat di RS, karea Pendarahan Otak. Penyakit ini sering tanpa disadari. Padahal, banyak hal yang mungkin diabaikan namun berpotensi  pendarahan pada otak.

Pendarahan otak pada dasarnya tidak tiba-tiba, kecuali jika kecelakaan. “Sakit kepala atau kebas seperti kebas kaki, tangan, dan wajah itu gejala dasar yang sering diabaikan. Sakit kepala berulang, indikasi  penyumbatan pembuluh darah sekitar 80% atau ada sebagian pembuluh darah pecah sekitar 20%.

Penyumbatan pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah dapat berakibat pendarahan pada otak,” ujar dr. Subrady Leo Soetjipto Soepodo, Sp.BS, Dokter Spesialis Bedah Saraf Primaya Hospital Pasar Kemis.

Potensi penyumbatan atau pecah pembuluh darah dapat dengan mengamati fungsi bagian muka, bicara, gerak, dan menelan tidak normal ini gejala termudah dideteksi. Hal lain yang patut diwaspadai ketika  sering merasa pusing serta membutuhkan waktu atau tidak bisa langsung bangun dari posisi berbaring.

“Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan tekanan dari posisi datar, duduk, atau tegak,” ujar dr. Subrady.

Mengedan ketika buang air besar, batuk berulang, atau batuk menahan napas menyebabkan seseorang tidak sadarkan diri tiba-tiba.

“Valsava manuver atau mengedan jadi pencetus peningkatan tekanan intra kranial. Peningkatan tekanan intrakranial ini menyebabkan pecah pembuluh darah pada penderita darah tinggi, penyebab perdarahan otak. Mengedan juga biasa dilakukan saat batuk, buang air besar, atau menahan nafas,” ujarnya.

Proses pendarahan otak bervariasi. Ada yang hitungan hari, bulan, dan tahun. Tergantung  gejalanya dianggap keluhan atau tidak. Makin cepat mengenali gejala, makin mudah diminimalisir pendarahan pada otak. Jika mengalami pendarahan otak, maka seseorang bisa hilang kesadarannya, jatuh tiba-tiba, atau tidak terbangun dari tidur.

Penyebab pecah pembuluh darah : Kelainan di pembuluh darah seperti pembuluh darah keras atau aterosklerotik, pembuluh darah melebar atau aneurima, pembuluh darah bocor atau fistula. Hal itu karena faktor risiko penyakit seperti darah tinggi, obesitas, kolesterol, DM, asam urat, dan stroke. Penyakit itu jika tak dikontrol rutin berakibat fatal yang berujung pendarahan pada otak.

Yang mengonsumsi obat psikotropika atau obat pengencer darah juga memicu peningkatan tekanan darah dan berujung pendarahan otak. Faktor risiko lain, umur juga jadi pemicu. “Kondisi tubuh Lansia  mengalami penurunan fungsi tubuh dibanding usia muda.

Tiap orang dapat menscreening awal potensi penyumbatan dan pecahnya pembuluh darah yang mudah yaitu mengecek tekanan darah setelah bangun tidur dan sebelum beraktivitas. “Bangun tidur sebelum beraktivitas itu paling tepat menunjukkan tekanan darah dibanding setelah beraktivitas,” ujar dr. Subrady Leo Soetjipto Soepodo, Sp.BS, Dokter Spesialis Bedah Saraf Primaya Hospital Pasar Kemis.

Walau pendarahan itu di otak, namun kita perlu pahami pemicunya bisa berasal dari penyempitan atau pecahnya pembuluh darah seperti jantung, lengan, kaki, atau bagian tubuh lain. Untuk memastikan ada gangguan otak akibat pecah pembuluh darah, butuh pemeriksaan imaging standar emas untuk perdarahan otak adalah CT Scan Otak, DSA, dan MRA.

Untuk menyelamatkan nyawa yang mengalami pendarahan otak, dokter harus mengontrol kembali tekanan darah dan menyelamatkan organ dalam. “Agar pendarahan pada pasien berhenti atau membeku agar tak terjadi pendarahan besar,” ujar dr. Subrady Leo Soetjipto Soepodo, Sp.BS, Dokter Spesialis Bedah Saraf Primaya Hospital Pasar Kemis.

Durasi kesembuhan seseorang pasca pendarahan otak bervariasi, bergantung  jumlah jaringan otak dapat diselamatkan. Pasien yang telah dirawat di RS harus tetap direhabilitasi. Proses penyembuhan bertahap dan tahapan penyembuhan antar pasien beda-beda bergantung organ tubuh yang gagal fungsi dan kondisi pasien.

(wur; Wuri Hardiastuti;  Bahan dari  : https://lifestyle.sindonews.com/read/551234/155/pendarahan-otak-ini-hal-hal-sepele-yang-bisa-menjadi-pemicunya-1632618549)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita