Lima Senjata Laser Paling Canggih Di Dunia

2-Lima Senjata Laser Paling Canggih Di Dunia(Cuplikan dari: inews.id)-JAKARTA,-Senjata laser tercanggih digunakan beberapa negara, terutama AS. Pengembangan senjata tanpa peluru ini terus berlangsung. Teknologi makin maju, beberapa negara berlomba meningkatkan senjata yang  cepat dan tepat sasaran ini

Senjata laser bisa dipasang di kendaraan lapis baja, kapal perang, jet tempur, dan drone sebagai sistem pertahanan udara, dan untuk mengganggu operasional kendaraan musuh. Berikut 5 senjata laser paling canggih di dunia:

1-Laser Weapons System Demonstrator (LWSD)

Senjata milik AL AS ini dikembangkan Northrop Grumman, perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan. Dipimpin oleh Naval Surface Warfare Center Dahlgren Division (NSWC). LWSD, hasil pengembangan Laser Weapon System (LaWS), platform laser pertama  militer AS. LWSD, senjata laser terkuat AL AS dan 5X lebih kuat dari LaWS.

Saat uji coba di kapal perang USS Portland pada 16/5/2020, senjata laser ini berhasil menghancurkan target seperti drone dan pesawat yang terbang dalam ketinggian menengah. Selain itu, LWSD berfungsi penyilau untuk membutakan sensor musuh.

2-High Energy Liquid Laser Defense System (HELLADS)

High Energy Liquid Laser Defense System (HELLADS), laser listrik dikembangkan perusahaan General Atomic Aeronautical di AS dan berkekuatan 150 kW. Pengembangan sistem senjata laser 150 kW dilakukan untuk melawan ancaman darat, seperti RAM dan rudal.

HELLADS beratnya maksimum 750 kW dengan rasio daya terhadap berat 5kg/kW. Volumenya berkisar 2-3 m3. Senjata laser ini digunakan di kapal laut, pesawat, mobil patroli, hingga kendaraan tempur lapis baja. HELLADS bisa diandalkan diaplikasikan menembak jatuh roket dan artileri di medan perang.

3-Directed Energy-Maneuver Short-Range Air Defense (DE M-SHORAD)

DE M-SHORAD, kendaraan tempur dalam keluarga M-SHORAD, dengan senjata laser. Didesain sebaai armada pertahanan udara bergerak dan bermanuver untuk mendukung Brigade Combat Teams (BCT) untuk menghancurkan, menetralisasi, atau menghalangi ancaman udara pada ketinggian rendah, seperti drone, helikopter, dan pesawat.

Senjata 50 kW pada kendaraan untuk menghancurkan obyek udara yang mengancam wilayah.  Army Rapid Capabilities and Critical Technologies Office (RCCTO) mengatakan, DE M-SHORAD untuk operasional tentara AS. Setiap pleton dapat 4 unit DE M-SHORAD.

4-Drone Eren

Turki bergabung dalam perlombaan senjata laser. Jika drone untuk merontokkan drone atau pesawat tempur, Turki justru memasang drone pada pesawat untuk mengincar target di darat. Turki telah uji coba drone-1 di dunia dengan senjata laser.

Politikus Turki, Aykut Erdogdu menejelaskan, laser berhasil ditembakkan dari jarak 500, 300, dan 100 meter. Drone diberi nama Eren itu untuk menghancurkan alat peledak seperti bom dan amunisi dari jarak tertentu menggunakan senjata laser.

Eren dikembangkan perusahaan pertahanan Turki, Tubitak dan Asisguard.  Ketinggian terbang maksimum drone itu mencapai 3.000 meter.

5-Senapan ZKZM-500

Senapan laser berkode ZKZM-500 diproduksi ZKZM Laser yang berbasis di Xian, Provinsi Shaanxi, China. ZKZM-500, atau AK-47 laser beratnya tak sampai 10 kg. Dan melibatkan peneliti dari Institut Optik dan Mekanika Presisi Xian, Akademi Ilmu Pengetahuan China di Shaanxi.

Peneliti mengklaim, sumber energi ZKZM-500 berasal dari baterai lithium yang dapat di-charge. Dalam kondisi penuh, ZKZM-500 diklaim dapat melepaskan tembakan dengan jangkauan hampir 1 km.

Dalam artikel surat kabar South China Morning Post (SCMP) pada Juli 2018 digambarkan istilah bertentangan mengenai senjata ini, yakni senjata tidak mematikan namun juga mampu menghasilkan efek karbonisasi instan pada kulit dan jaringan manusia.

SCMP menayangkan video uji coba yang ditembakkan dari jarak 10 meter ke berbagai target.  Para ahli di luar meragukan kemampuan senjata ini karena laser membutuhkan energi besar, tak cukup sekadar mengandalkan baterai kecil.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul ” 5 Senjata Laser Paling Canggih di Dunia, Pembunuh Drone dan Rontokkan Rudal “, Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/5-senjata-laser-paling-canggih-di-dunia-pembunuh-drone-dan-rontokkan-rudal; Oleh Pratitis Nur Kanariyati; Editor : Anton Suwartono.
Download aplikasi inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:

https://www.inews.id/apps

(Diedit dan disajikan ulang oleh FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita