Bikin Geger Bambu Dipakai PUPR Untuk Jalan Tol

Bikin Geger Bambu Dipakai PUPR Untuk Jalan Tol(viva.co.id)- Diberitakan sebelumnya oleh VIVA; Kemen-PUPR melakukan uji coba dan berinovasi dalam konstruksi Jalan Tol. Salah satu terobosan baru itu penggunaan bambu sebagai sistem matras di jalan tol.

Dikutip dari instagram @kemenpupr, pada 3/10/2021, dijelaskan bambu itu digunakan sebagai sistem matras memperkuat daya dukung tanah dalam pembangunan Tol Semarang-Demak.

Ruas di jalan tol ini akan terintegrasi dengan tanggul laut, dan diperkuat oleh matras bambu setebal 17 lapis. Metode ini akan jadi yang pertama digunakan dan tol pertama di Indonesia dengan bahan bambu.

Metode tersebut diharapkan akan memberikan konstruksi tanggul laut terintegrasi dengan jalan tol yang efisien dari segi biaya, namun dapat menyediakan infrastruktur handal dan berkesinambungan di masa yang akan datang.

Tanggul laut yang terintegrasi tol ini konstruksi yang baru pertama dilaksanakan di Indonesia sehingga jadi tantangan tersendiri bagi Kementerian PUPR dalam pelaksanaannya.

Seperti diketahui, pengujian perlu dilakukan karena konstruksi tanggul laut yang terintegras ini akan dibangun di atas tanah dengan klasifikasi very soft soil. Pengujian dua jenis yaitu uji tarik sistem matras bambu dan uji lentur sistem matras bambu.

Pengujian tarik sistem matras bambu dan uji lentur sistem matras bambu yang baru dilaksanakan ini diharapkan memberikan terobosan dalam memberi solusi perkuatan tanah lunak yang murah dan tepat guna.

Dikutip dari instagram @anakteknikindo, Dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik Unbra, Sri Murni Dewi menjelaskan dalam penelitiannya penggunaan bambu di jalan tol adalah sebagai pengganti tulangan.

Menurut beliau, material bambu memiliki kekuatan yang sejajar serat yang tinggi namun kekuatan tegak lurus seratnya rendah. Oleh sebab itu, bambu akan terkesan reot ketika dimanfaatkan untuk konstruksi.

(Dusep Malik;  Bahan dari : https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1410319-bikin-geger-ini-penampakan-bambu-yang-dipakai-pupr-buat-jalan-tol)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita