logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

(Teropong)-Diabet-Mengkudu-dan penambah tenaga(5)

Alumni yang lain, sebut saja MI-STI menyatakan bahwa walau diabetnya pada tingkat diatas 300 mg/dl namun dia tak merasa lemas atau kelelahan. Begitu katanya. Saya tidak tahu kenapa hal itu bisa terjadi, tidak seperti Diabetasi lain. Tapi ikuti terus serial berikut yang kini dikutip dari mey20.wordpress.com ini

 

Kopi digemari pria-wanita. Minuman konon yang bisa mengurangi rasa kantuk ini umum di masyarakat kita. Bahkan, gerai2 kopi menjamur di berbagai sudut kota, hingga di mall. Kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf yang memacu produksi hormon adrenalin.

 

Di dalam kopi terkandung kafein, yang senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein kopi : 1-1,5%, sedang teh 1-4,8%.

 

Manfaat kopi

Dalam dunia kedokteran, kafein digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dosis rendah kafein berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit. Mekanisme kerja kafein di tubuh menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur).

 

Kafein tidak memperlambat gerak sel2 tubuh, tapi kafein membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak mengantuk, tapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot2 berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.

 

Itu sebabnya berbagai jenis minuman pembangkit stamina mengandung kafein bahan utamanya.

 

Bahaya Kopi

Salah satu kerugian kopi adalah efek ketergantungan. Minum kopi, meningkatkan resiko stroke. Hasil penelitian dimuat di journal of neurology, neurosurgry and psychiatry (2002) bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari meningkatkan resiko terjadi kerusakan pada dinding pembuluh darah.

 

Kafein juga menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, tegang dan cepat marah. Wanita hamil disarankan tidak mengkonsumsinya dan makanan berkafein. Karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk ke sirkulasi darah janin. Dampak terburuknya, bisa menyebabkan keguguran. Bersambung……..

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://mey20.wordpress.com/kesehatan/bahaya-dan-manfaat-kopi-bagi-kesehatan/)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita