logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Skema Bangun Tol Tanpa Hutang

Skema Bangun Tol Tanpa Hutang(finance.detik.com)-JAKARTA; Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dibangun tanpa utang. ‘Tanpa utang’ yang dimaksud itu tidak menggunakan pembiayaan dari APBN, yakni pakai pola kemitraan dengan badan usaha atau swasta.

“(Maksudnya) Tidak membebani utang negara, tidak menambah utang pemerintah, tidak memakai APBN”. Dan sejatinya, pola kemitraan dengan badan usaha atau swasta membangun jalan tol, sudah dijalankan  pemerintah saat ini. Hal itu diungkap Kepala BPJT Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna.

 

Jalan tol yang dibangun pemerintah saat ini ialah menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Konsep ini sama dengan skema pembangunan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) itu.
“Iya yang kita lakukan bangun tol ini tanpa bebani APBN. Jadi konsep yang sama dengan Cipali. Jadi cipali bukan satu2nya jalan tol tanpa bebani APBN,” kata Herry ke detikFinance, Jakarta (4/1/2019).

Saat ini pemerintah memiliki  48 Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang berjalan. “Kita ada 48 PPJT yg lagi berjalan semunya seperti itu. Ada 48 yang udah beroperasi itu semuanya demikian,” jelasnya. Dia bilang, semua itu menggunakan konsep KPBU yang tanpa membebani APBN.

“Itu semua dengan KPBU, kerja sama kemitraan, kerja sama pemerintah badan usaha. Bayarnya pakai apa? pakai pendapatan tol, jadi bukan APBN. Bukan utang artinya, pemerintah nggak ngutang artinya”.
Herry menjelaskan skema KPBU beragam macamnya. Ada yang skema build-operate-transfer (BOT) murni. Artinya, Pemerintah menggandeng pihak ketiga yaitu BUJT sebagai investor yang akan membangun, kemudian mengoperasikan selama masa waktu tertentu, sebelum kemudian dilakukan pengalihan ke pemerintah.

“Intinya skema KPBU. Ada yang BOT murni, sepenuhnya BOT seperti Cipali. Ada  BOT dengan dukungan seperti Cisumdawu, Medan-Kualanamu-Tebing, Solo-Kertosono, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, terus Samarinda-Balikpapan, dan lainnya,” kata Herry.

 

(fdl/hns; Fadhly Fauzi Rachman; Bahan : https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4370782/skema-bangun-tol-tanpa-utang-sudah-dijalankan-pemerintah?_ga=2.163257916.1879281773.1548652713-623937103.1510206277)-FatchurR *

One Response to Skema Bangun Tol Tanpa Hutang

  • Harry Reksosamudra says:

    Sistem BOT ini doeloe sdh pernah di aplikasi kan buat bikin jalan Toll, ternyata menimbulkan banyak masalah, terutama dlm pembebasan lahan serta permodalan yg pinjam dr bank yg kala itu interestnya bisa 10% up per bulannya. Suatu wilayah di plot sbg jalan Toll, lgs diserbu spekulan tanah, kemudian baru dijual ke investornya dg harga berlipat, tapi detail caranya sy tdk tahu, pokoknya selalu jadwal molor, malajan ada tanah yg tdk mau dijlual dg berbagai alibi. Seingat sy, ada master plan yg dibuat World Bank dg biaya mahal untuk konsultannya, tp ternyata dirubah Pemerintah, contohnya spt di Aloha itu designya semanggi dg fly over, implementasinya ya jadinya spt yg kita lihat skrg, pada hal WB sdh menyedia kan dana cukup, Pemerintah RI cukup 30% nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita