Pengabdianku = masa depan siswaku

Bahasa InggrisWaingapu. Aku adalah seorang guru dengan minat sejak aku kecil terpatri dalam-dalam. Kala itu aku berada dalam  lingkungan yang orang tuaku sangat berperan jadi figur inspiratif yang suka menerima  kunjungan rekan-rekan dari luar negeri menjadikan momen aku harus dan  dapat berkomunikasi dengan baik terhadap orang lain yang tidak mengerti bahasa yang digunakan.

 

Fenomena ini menginspirasi aku memutuskan untuk menjadi guru. Kini aku menjadi guru pada lembaga pendidikan tingkat SMP di daerah pedesaan dan aku harus mengajarkan mata pelajaran Bahasa Inggris. Mengajarkan bahasa asing membuat aku berpikir tentang filosofi; ibarat bangunan bilamana fondasinya dibangun dengan baik tentu akan berdiri kokoh.

 

Demikian aku menemukan suatu filosofi ‘language contact anytime anywhere,’ berangkat dari pengamatan ketika berada di suatu pasar, ada orang Jawa dapat berbicara bahasa Sunda dengan lancar oleh karena dagangannya harus terjual.

 

Ujian Bahasa InggrisMembuat kontak dengan bahasa asing yang menjadi momok bagi sebagian anak didikku membuat aku berpikir keras. Mengawali dengan membuat kesepakatan bersama ketika akan mengawali suatu proses belajar sambil memberikan pencerahan beserta kebahagiaan yang akan dicapai.

 

Kesepakatan dimaksud berupa buku tugas yang dipersiapkan, kamus dua bahasa dan yang tidak kalah penting adalah  tanda tanganku yang harus diperoleh dalam jumlah tertentu seirama dengan tugas yang dapat diselesaikan pada suatu semester tertentu.

 

Kesepakatan lain, kewajiban bagiku untuk  mengajarkan ‘possessive pronouns’ dengan baik beserta ‘verb’ sebab dalam pencerahan dan kesepakatan, cukup dua hal ini dipahami selanjutnya pada penerapan masing-masing siswa bebas menyelesaikan tugas di rumah sebagai aplikasi filosofiku.

 

Yang menjadi filosofiku, menghubungkan siswa beresonansi dari 2 x 45 menit pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dengan tugas yang harus diselesaikan di rumah dengan bebas, lalu dihubungkan dengan pembelajaran Bahasa Inggris berikutnya disertai imlak dari sejumlah tugas yang diselesaikan di rumah memberi kesenangan tertentu bagi siswa.

 

Pada awalnya sulit bagi siswa namun oleh kebiasaan menjadi suka. Yang mengasyikkan, ketika di antara sejumlah siswa yang aku ajarkan, terdapat 2-3  anak berkomunikasi dengan membawa temannya yang berasal dari luar negeri oleh karena sekolahku berada di Kaliuda daerah yang sering didatangi tourist mencari kain tenunan lokal.

 

Dua tahun mengajar Bahasa Inggris kelas 8-9 dengan filosofi yang dapat diaplikasi memberi arti bagi masa depan anak-anakku. (Wila Bunga; http://m.kompasiana.com/post/read/669930/2/pengabdianku-masa-depan-muridku.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita