OR penting untuk Lansia

Olah raga LansiaKLIKDOKTER.comMenjadi tua itu pasti, namun menjaga kesehatan itu harus dilakukan. OR penting untuk lansia sangat penting. Penelitian membuktikan gaya hidup santai menjadi faktor utama risiko penyakit jantung. OR dapat mengurangi kematian dan keparahan penyakit yang berhubungan dengan usia.

 

Penelitian di Houei Group Nursing Centre Miyakonojo, Miyazaki, Jepang, menjelaskan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan dulu, OR lansia yang cocok. Karena kondisi fisik tiap lansia berbeda, dan kadar aktivitas berbeda supaya OR tetap sehat.

 

Prinsipnya, OR lansia harus dimulai pada kadar aktivitas yang ringan, secara bertahap dan meningkatkan sampai pada aktivitas sedang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, olahraga lansia sebaiknya terdiri dari tiga komponen olahraga, yaitu;

 

  1. Latihan aerobik, artinya latihan OR untuk kesehatan jantung dan paru-paru, berupa gerakan tubuh secara umum seperti jalan kaki. Latihan aerobik dapat dilakukan 30 menit tiap hari dalam seminggu. Selain jalan, latian aerobik bisa dilakukan dengan berenang, bersepeda,  serta memancing.

 

  1. Latihan kekuatan, bisa berbentuk angkat botol air mineral yang dilakukan perlahan-lahan, dari menggerakan tangan tanpa beban beberapa menit, lalu dengan beban agar persendian teratur dan tidak kaget. Latihan kekuatan juga bisa dengan cara, bangun lalu berdiri dari kursi, hal inipun sama dilakukan perlahan dulu seperti pemanasan.

 

  1. Latihan keseimbangan, latihan ini penting karena memiliki bukti ilmiah, secara empiris baik untuk meningkatkan stabilitas dan menghindari risiko lansia jatuh. Latihan ini bisa dengan cara, berdiri pada satu kaki, peregangan otot-otot lengan dan kaki, seperti saat kita melakukan pemanasan sebelum berolahraga pada umumnya. Latihan ini dilakukan seminggu dua kali.

 

Dalam penelitian ini, diluncurkan sytem perawatan lansia atau ‘Long-Term Care Insurance System’ oleh Departemen Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang, untuk memberi dukungan pada lansia agar tetap sehat dengan berolahraga. Karena dengan lansia yang sehat, akan mempengaruhi pendapatan ekonomi untuk biaya kesehatan.

 

Mengingat pentingnya berolahraga, selain untuk menunjang kesehatan juga kebugaran  lansia, orang-orang disekitar lansia harus mendukung dan memberi semangat pada lansia untuk berolahraga. Lansia biasanya mengalami berbagai halangan secara  personal, sosio-ekonomi, dan lingkungan untuk memulai berolahraga.

 

Orang-orang disekitar lansia sebaiknya memberikan waktu dan tenaga untuk meyakinkan lansia akan manfaat olahraga, merancang kegiatan olahraga yang bersifat individual sampai dengan mendampingi saat lansia berolahraga. Dengan begitu, lansia dapat berolahraga dengan nyaman, senang, dan berkelanjutan hingga menjadi lansia yang sehat.

 

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](SN; http://www.klikdokter.com/rubrikspesialis/read/41/gayahidup/2013/07/02/343/-olahraga-penting-untuk-lansia)-Aguk

One Response to OR penting untuk Lansia

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Manusia bergerak, agar hidup panjang. Orang jaman dahulu, tanpa disadari sudah bergerak, karena ketiadaan tehnologi, yang memudahkan hidup manusia. Contoh petani, ya harus mencangkul untuk mengolah sawahnya. Sekarang, disamping sudah ada kerbau yang menarik bajak, juga ada peralatan serba mesin, untuk membalik tanah tersebut.
    Dulu, mau kesawah, harus jalan kaki, sekarang lebih gampang naik sepeda motor, naik angkot, atau bajai
    Dahulu, nonton TV mau ganti channel, ya harus jalan ke TVnya untuk mengganti channel, sekarang, dengan remote, ga perlu beranjak dari kursi
    Dahulu, kalau ketoko berlantai 3, harus naik tangga, sekarang, ada lift, eskalator dll
    Manfaatkan tehnologi dengan bijak, agar tetap sehaaat, Semangaaat ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita