Merasa sakit

merasa sakit tapi tidak sakitAda perbedaan benar sakit dan merasa sakit. Kian banyak orang tidak sakit, namun merasa sakit. Boleh jadi lantaran kelewat banyak tahu ihwal gejala penyakit, mendengar kasus penyakit, serta yang serba menyeramkan dari pergaulan sehari-hari.

 

Termasuk membaca majalah, koran, tabloid, serta mengembara di dunia cyber. Sebagian informasi medis tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenaran ilmiahnya. Gejala, keluhan, atau tanda (sign) bukan hanya milik satu penyakit saja, melainkan bisa menjadi milik banyak penyakit. Sebut saja keluhan mual bukan Cuma sebab radang lambung atau maag karena masih ada sederet penyakit lain yang awalnya hanya mual.

 

Gangguan hati, pankreas, usus duabelas jari, bahkan gangguan jantung pun awalnya muncul sebagai keluhan mual saja. Karena itu, kalau muncul keluhan gejala, atau tanda penyakit, tak perlu ter-sugesti seolah sudah pasti terkena penyakit yang disangkakan sendiri.

 

Hanya karena keluhan mual ternyata kanker lambung, tidak berarti yang mengeluh mual semuanya kanker lambung. Bisa jadi hanya maag, kalau bukan Cuma lantaran terlambat makan. Nalar medis seseorang akan bertambah tajam kalau mengenal lebih dalam ihwal segala penyakit, perjalanan, serta tabiatnya.

 

Bahwa suatu keluhan yang kita rasakan memang bagian dari awal penyakit apapun. Namun apakah keluhan itu tunas dari suatu penyakit besar, penyakit parah, penyakit menyeramkan, ditentukan oleh semakin bertambah banyaknya keluhan lain yang muncul, kemunculan gejala penyakit, serta tanda-tanda penyakit.

 

Makin luas dan lebar wawasan kita ihwal kesehatan dan penyakit, makin tajam nalar medisnya untuk tidak gampang merasa diri sakit. Perlu banyak membaca, ikut seminar, dan mendengar informasi medis dari sumber yang bertanggung jawab, bukan berasal dari mitos dan takhayul. (Sumber: Gaya hidup sehat 562 dan http://www.yakestelkom.or.id)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita