Mengelola tahan dari DB

emosi positifMemperbaiki daya tahan tubuh wajib agar kita terhindar dari penyakit akibat virus, termasuk virus DB yang mengancam jelang kemarau. Menjaga emosi positif, memperbaiki pola makan, OR dan istirahat cukup, cairan tubuh cukup adalah kunci yang harus dipegang.

 

Jika dua orang sama-sama terserang virus DB, jika yang satu daya tahan tubuhnya baik, ia akan tetap sehat. Sementara satu orang lainnya, jika daya tahan tubuhnya lemah, ia akan memperlihatkan tanda-tanda terserang DB. Berikut cara agar kita memiliki daya tahan tubuh yang baik:

 

Perkuat Emosi Positif : Beragam bentuk emosi positif, bersifat riang : Kegembiraan, antusiasme, dan kebahagiaan. Bentuk emosi positif lain : Perhatian, kewaspadaan, konsentrasi dan determinasi.

Emosi positif itu bisa berkombinasi dengan emosi positif lain, sehingga jadi luar biasa menggerakan hidup jadi positif. Dengan demikian daya tahan tubuh akan senantiasa terjaga kuat.

 

Tingkatkan Kekebalan: Ahli nutrisi menyarankan perbaiki pola makan. Tubuh tiap hari butuh 40-an jenis nutrisi. Tiap hari kita harus cukup vitamin, mineral, karbohidrat, protein, lemak, serat, dan cairan tubuh, yang bila dirinci berjumlah 40-an macam zat gizi dan non-gizi itu. Kita tidak boleh mengandalkan menu makan favorit karena asupan yang monoton, akan menyebabkan kita kekurangan gizi.

 

OR dan Istirahat yang cukup : Daya tahan tubuh yang baik tidak diperoleh tanpa OR dan istirahat cukup. Manfaat latihan fisik meningkatkan daya tahan tubuh. OR membantu peredaran darah mengangkut nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh itu menjadi lancar dan teratur.

 

Lakukan latihan 4-5x seminggu tidak dalam waktu berturutan. Setiap kali berlatih 30-60 menit. Jika belum dapat mencapainya, lakukan bertahap. Para pakar bidang kesehatan OR sepakat jalan kaki tergopoh-gopoh merupakan OR terefektif untuk mendapatkan kebugaran.

 

Mereka yang waktu tidurnya tidak memadai lebih mudah terserang penyakit akibat virus dibanding mereka yang tidurnya cukup. Waktu tidur yang cukup yaitu 7-8 jam sehari. (Sumber: Gaya hidup sehat no.563 dan http://www.yakestelkom.or.id)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita