Membakar lemak dengan sehat

Olah raga jalan kakiCara menurunkan berat badan kini banyak pilihan. Tapi tidak berarti dengan berhenti makan. Tubuh kita perlu kalori supaya berenergi untuk kegiatan harian. Tanpa energi tubuh rawan kena penyakit dan energi dibutuhkan menangkis bibit penyakit yang datang

 

Kalau ingin turun berat badan kita harus membakar kalori lebih banyak dari asupan kalori kedalam tubuh.

 

Kontrol pola makan : Dalam program diet, perhatikan yang kita konsumsi. Misalnya makan secukupnya. Tidak perlu berhenti makan makanan kesukaan, tapi jaga jumlahnya. Jauhi makanan berlemak, berkolesterol tinggi, dan makanan yang mengandung gula atau garam. Makanan ringan berbahaya karena seringkali tidak terkontrol.

 

Perbanyak buah, sayuran, dan makanan bergandum, karena ini banyak serat, vitamin, komplex karbohidrat, mineral.  Terlebih, makan buah lebih baik dari minum jus karena makanan perlu dicerna dan ini lebih baik dari makanan-minuman halus. Hindari minuman bergula, bersoda dan beralkohol, minuman terbaik adalah air mineral dengan temperatur normal.

OR : Membakar kalori dalam tubuh sehingga kalori tidak menumpuk. Berbagai cara membakar kalori, seperti ber-OR yang merupakan solusi terbaik membakar kalori dalam tubuh. Bukan hanya membakar kalori yang tersimpan tapi juga membentuk tubuh.

 

OR  rutin hasilnya lebih baik dari OR yang sekali-kali. Sempatkan 3-6x seminggu ber-OR minimal 30-60 menit. Gerakkan tubuh setiap ada kesempatan. Kalau jarak dari rumah ke sekolah atau ke tempat kerja tidak jauh, keluarkan sepeda, atau berjalan. Jangan malas ber-OR dan jangan cepat putus asa dalam melakukan aktivitas ini.

 

Jangan putus asa : Lakukan seluruh kegiatan ini teratur dan terkontrol. Catat berat badan tiap minggu dari hari pertama memulai diet kita. Sehingga kita bisa melihat perkembangan dari program diet kita. Jangan cepat putus asa kalau hasil belum terlihat.

 

Selanjutnya, rancang menu makanan yang akan kita konsumsi tiap harinya, jangan lupa beri variasi, sehingga kita tidak cepat bosan dan vitamin-vitamin yang kita dapat dari makanan yang kita konsumsi juga bermacam-macam.

 

Itulah tips menurunkan berat badan. Penuruan berat badan yang drastis dalam waktu singkat bisa membahayakan. Yang terpenting bertubuh yang sehat. Cantik-ganteng tidak hanya untuk orang yang langsing. (Radio Nederland Wereldomroep; dan http://www.yakestelkom.or.id)-FatchurR

5 Responses to Membakar lemak dengan sehat

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Urusan menurunkan berat badan jadi persoalan saya juga sampai 2 tahun lalu.
    Dari kecil saya cenderung gampang gendut buncit. 2 minggu makan ngawur obral pasti berat badan saya naik 2 sampai 3 kilo.

    Teman dekat saya pasti tau bagaimana saya menjalani berbagai pola menurunkan berat badan seperti petunjuk diataspun sudah. Olahraga bolabasket dllpun selalu sampai sekarang. Tidak ada hasilnya yang tetap stabil. Sepertinya suatu saat kebal, berat naik lagi. Juga bisa terjadi balas dendam, ingin makan secara ngawur kembali.

    Dua tahun lalu saya saat berat badan saya stabil di 82 kg dan main basketnya teratur 2 jam setiap pagi 5 hari seminggu. Saya baca ulang dan teliti seperti kala sekolah mau ulangan buku Dr.NEAL BARNARD ” Eat Right Live Longger ” Isinya 11 macam masalah kesehatan pria wanita yang bisa diatasi oleh makan yang betul secara ilmiyah hasil research akhir abad 20. Jadi tidak terlalu kuno kalau saya laksanakan dekade pertama abad 21 kan. Belinya tahun 2003, yang saya baca bagaimana Protecttng Cell dari kanker,Immunity, Kesehatan jantung, Staying Young Sexualy dan Memperkuat persendian, Healthy Skin and Hair. Halaman 184 memuat How To Dissolve Fat Permanently dulu tidak saya baca secara teliti mengingat sudah banyak saya baca soal metode menurunkan berat badan yang intinya membakar lemak!
    Ternyata metode Dr.BARNARD beda, dia menganjurkan jangan mengus\rangi asupan nasi, melainkan makan hasil produk binatang hanya paling banyak 10%. Ayam tanpa kulit saja masih 20% lemaknya. Hindari minyak goreng apapun karena meski minyak nabati saat dipanasi jadi transfat, jangan susu dan telur serta keju.

    Tidak mengurangi makan nasi, tetapi nasinya bukan beras putih yang anggun wangi itu. Melainkan dari beras yang carbohydrate complex. Yaitu, beras pecah kulit= brown rice, beras merah, beras hitam, bulgur, barley, ayat, millet. Ganti produk binatang termasuk ikan laut/darat dan lemaknya, dengan nuts dan tree nuts serta peas dan seeds. Memang protein mereka lebih rendah dari produk binatang, protein ternyata tidak terlalu harus tinggi untuk konsumsi sehat manusia. Cukup maksimum 14%. Binatang dengan 42% protein malah memberati kerja ginjal dan radical bebas nya membahayakan kesehatan. Asam amino memang masing masing tidak selengkap binatang. Kalau makannya sekaligus berbagai peas, nuts dan tree nuts dan seeds, lengkaplah asam aminonya. Juga efek komplementasinya menetralisir penyebab asam urat.

    Saya jalani setahun ternyata turunnya berat badan melebihi target, dari 82 kg turun jadi 77 kg. Tahun ini saya targetkan 72 kg, bulan juni pas ulang tahun saya sudah tercapai. Saya pikir akan merevisi target nanti January 2015 jadi 70 kg. Mudah mudahan Desember 2015 bisa antara 65 sampai 67 kg seperti saat saya remaja, jadi normal untuk tinggi badan saya yang 170 cm ini. Ukuran perut gendut saya dulu 39″ sekarang 33″( inchi )rata. NIEKE Puteri Bu NINIEK Trawas yang menjuluki saya Kong Dut sekarang Dut nya hilang!
    Semua saya jalani dengan enteng, tanpa merasa kelaparan, malah selalu merasa kenyang karena nasi dari complex carbohydrate ini dan fit dari nuts, tree nuts, peas dan seeds. Sayur dan buah serta kecambah dan bengkuwang, yang tidak dimasak melainkan diblender campur, semua serba sedikit, untuk jatah kunyah sehari. Untuk rasa campuran ini agar enak buat lidah, saya mengandal pisang.

    Minggu depan saya saya diminta mendemonstrasikan cara makan sehat ini digereja komunitas Indonesia. Sepasang pendetanya yang Dokter minta saya karena untuk menjalani hidup sesuai jalan TUHAN katanya diri sendiri perlu tau cara hidup sehat dengan makan sehat tidak berlebihan makan produk binatang. Benar juga orang Romawi Kuno bilang ” men sana in corpore sano ”

    Nah kalau ada yang mau tanya lebih jelas silahkan, akan saya ungkap detailnya.

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Alhamdulilah, Diet bapak GHK, benar sekali, sebenarnya programnya bukan untuk menurunkan berat badan, tapi dengan membakar lemak tubuh, tanpa menurunkan jumlah otot tubuh (mempertahankan otot tubuh). Kadang berat badan tidak turun dengan nyata, tapi karena yang dibakar lemak tubuhnya, maka berat tidak turun drastis, tapi bentuk badan slim terlihat. Misal dengan ukuran lingkar pinggang turun. Lingkar lengan turun.
    Diumpamakan berat 1 kg besi, dengan 1 kg kapuk berat yang mana?. Karena sama2 1 kg, ya beratnya sama kan?. Tapi kalau kita lihat volume, maka volume kapuk jauh lebih besar, dari volume besi. Volume kapuk itulah ibarat lemak tubuh kita.Sedangkan besi ibarat massa otot tubuh kita.
    Kalau tubuh kita sedikit lemaknya, tapi besar masa ototnya, maka walaupun kita tidur, jumlah kalori yang terbakar oleh otot saat tidur, jauh lebih banyak dibandingkan tubuh dengan penuh lemak berolah raga lebih 1 jam.
    Upayakan penurunan berat badan tidak drastis, karena akan timbul YOYO Phenomena. (Istilah bapak GHK balas dendam)
    Ingin tau caranya agar masa otot lebih besar? Hm hm hm hubungi saya dong

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Mau diet enak, berat badan tidak terlalu turun tapi sehat?. Program yang benar adalah membakar lemak pada perut. Karena lemak diperut tebal, itu mencerminkan banyaknya lemak didalam organ2 perut kita (organ vicera). Nah lemak di dalam perut ini yang berbahaya, karena mengganggu fungsi organ itu sendiri. Yang paling peka adalah PANCREAS, yang nyata nyata sangat sangat terganggu.Pancreas pada beta selnya itulah adalah pabrik insulin. Lemak di Pancreas ini sangat menggangu fungsi insulin.
    Bila fungsi insulin terganggu, maka perubahan glucose menjadi glicogen (cadangan kalori yang bisa disimpan dihati, otot, sel sel organ yang saat bekerja sangat membutuhkan kalori) menjadi terganggu, Akibatnya glucose berkeliaran didalam aliran darah, nah inilah biangnya proses degenerasi.
    Proses degenerasi ini bisa terjadi diseluruh organ tubuh, yang rentan adalah di pembuluh darah. Glucose bebas yang ada didlm darah, mencederai sel2 epithel pembuluh darah, sehingga merangsang timbulnya proses inflamasi didinding pembuluh darah, yang menyebabkan timbulnya timbunan plak didinding pembuluh darah tersebut.

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Hm mau tau lanjutannya he he tilpun HP saya dong 0811390491 atau simpati pakai TM ON 081237510000. Atau mau XL 081917002700. Dijamin slim lho? Mari berlomba dengan saya

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Wah sampai 3 kali Bu Dokter nimpali gagasan baik ini. Kalau saya diberi nomer telepon rumah atau Flexy saya akan menilpon minta advice. Yang saya lakukan adalah rasionalisasi merujuk ajaran Guru Yoga saya Dada MITRA, kemudian buku Eat Right Live Longer dan The Enzyme Factor.

    Untuk praktisnya untuk sarapan pagi setelah main basket jam 9.30 an dan dua Cucu saya pagi sebelum sekolah: 3 tbs Quacker Oat dengan 3/4 gelas mug ( untuk cucu gelas 200cc) ditambah 1 tbs masing masing bekatul, canary seeds, sunflower seeds, almond tree nuts, flax seeds, walnut tree nuts dan 2 tsb ” nasi ramuan ” diatas: 1 tbs masing2 beras carbohidrat komplek+1tsp masing2 nuts, tree niuts, peas dan seeds. Direndam air minim 2 jam kemudian ditanak seperti nasi. Makan siang jam 3 adalah ramuan sayur, kecambah dan buah diblender kasar makan malam jam 7 menghormati hasil masakan Isteri atau anak perempuan saya.
    Hasil test saya BMI sekitar 18, Bone Density Ekselen, faktor keretakan tulang kecil sekali, colonoskopy bersih, tekanan darah dan kolesterol serta gula dara normal.
    Karena makan dan tataboga itu bagian budaya, sesekali saya makan ngawur bersama keluarga atau teman, sesuai budaya salah manusia seumumnya. Ha…x9

    Pengurbanan yang tidak sia sia, bonusnya lebih percaya diri how to age with dignity and good health.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita