Mata perlu Olah raga

olah raga mataBisa jadi aktifitas harian kita selalu berhadapan dengan layar komputer/laptop dalam jangka lama, bahkan hingga seharian kita tak beranjak dari meja kerja untuk mencetak karir dan memberikan prestasi yang kita miliki untuk organisasi sosial / perusahaan.

 

Layaknya tubuh yang lain, mata juga mudah lelah. “Melakukan latihan mata, sama seperti peregangan pinggul setelah duduk di kursi sepanjang hari,” jelas Karin Wiedemann dari Urban Yoga di Washingstion, DC. Mata perlu diistirahatkan sejenak disela aktivitas. Perawatan mata dapat dilakukan sendiri dengan cara  :

 

a-Pijat daerah bawah kedua mata menggunakan jari tengah

b-Tekan sedikit dan rasakan otot-otot mata yang kaku (jika baru pertama kali mencoba, jangan terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan nyeri kepala)

 

c-Kemudian, beralih pada tulang atas mata. Berikan pijatan beberapa kali dg cara tekuk kedua ibu jari, tekan tulang alis kita dari arah dalam keluar.

 

d-Pijat bagian urat-urat yang kaku di bagian atas mata dekat hidung, lalu arahkan ke sudut mata dan pijat perlahan. Lalu pindah ke otot-otot di bagian atas alis.

Bila jam istirahat, matikan lampu ruang kerja kita agar mata sedikit relaksasi dengan sedikit cahaya.

 

e-Gosok tangan kita bersama-sama sampai terasa hangat (sekitar 15 – 20 detik). Kemudian tempatkan telapak tangan di atas mata kita yang tertutup, tapi jangan ditekan pada bola matanya. Pastikan tidak ada cahaya yang masuk ke mata. Tahan posisi ini selama satu atau dua menit. Lakukan ini setidaknya dua kali sehari selama 5 – 15 menit.

 

f-Berkedip merupakan cara sederhana namun sering diabaikan. Padahal ini menjaga mata kita segar dan mampu fokus lagi. Pengguna komputer dan penonton televisi cenderung jarang berkedip, terutama ketika mereka sungguh-sungguh terfokus pada sesuatu. Cobalah sekarang latihan sederhana ini. Selama dua menit berikutnya berkedip setiap 3 – 4 detik.

 

g-Tutup mata kita serapat mungkin. Peras mata, sehingga otot mata kontraksi. Tahan kontraksi ini selama tiga detik, kemudian lepaskan dengan cepat. Latihan ini membuat relaksasi dari otot-otot mata dan bermanfaat setelah peregangan olahraga mata. Ulangi ini 7 atau 8 kali.

 

h-Fokus pada sebuah objek yang jauh (lebih dari 50 m) selama beberapa detik dan perlahan-lahan kembali fokuskan mata pada sebuah objek yang dekat (kurang dari 10 m jauhnya) yang ada pada arah yang sama. Fokus selama beberapa detik dan kembali ke objek jauh. Lakukan ini selama 5 kali.

 

Cobalah untuk melakukan olahraga mata sekali sehari. Terlalu banyak pekerjaan berpengaruh buruk ke mata kita. Lakukan perawatan yang tepat bagi mata kita untuk menjaga agar mata kita tetap sehat. (http://www.yakestelkom.or.id/)-FatchurR

One Response to Mata perlu Olah raga

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Alhamdulilah, terima kasih dik Aguk, selama ini kalau ada pasien yang mengeluh capek pada mata, mbak hanya minta pasien tersebut ke pantai atau ke gunung yang hijau
    Melakukan relaksasi mata dengan memandang cakrawala, bila berada dipantai. Dan menikmati pemandangan alam di Gunung atau hutan.Trima kasih ya, he he membantu pekerjaan bu dokter nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita