Makan sambil stress

Makan buru buruMungkin anda pernah melihat di sebuah restoran, ada tamu sedang makan. Dari tamu2 itu kebetulan ada beberapa wanita karir juga lagi  makan siang. Tidak  seperti tamu lain, mereka tampak makan buru-buru, gelisah seperti ada yang mau dikejarnya.

 

Sering mereka melihat jam di tangannya, sambil tetap menyuap makanan. Tidak berapa lama,  salah seorang saya lihat paling gelisah, sambil pegang perutnya, tampaknya seperti mual, ingin muntah, bangkit dan berjalan ke belakang. Saya tidak tahu apa  yang dialaminya sesampai di kamar belakang.

 

Makan buru2 seperti itu sering kita  alami. Akibat pekerjaan, didesak waktu, mengejar target, kita makan seperti suasana stres. Kita makan, tapi pikiran, bukan pada makan, bisa pekerjaan yang belum selesai, janji yag harus ditepati, rapat yang harus dihadiri, deadline yang harus dipenuhi, atau bisa juga pikiran kita melayang pada masalah-masalah yang sedang dihadapi.

 

Karena itu, tidak heran kalau kita melihat banyak yang makan sekarang , bukan di atas meja , tetapi sambil  menonton di depan TV, di muka laptop sambil berkerja, duduk di kursi sambil rapat, bahkan masih makan waktu naik kendaraan, di belakang stir.

 

Makan seperti itu, dalam keadaan stress bermasalah. Sepeti wanita karir di restoran itu, mungkin mual, muntah, perut menyesak, kembung, atau diare.  Banyak pasien yang konsultasi bermacam keluhan perut disebabkan makan dalam keadaan stress. Lalu, “mengapa bisa muncul keluhan seperti itu?”

 

Sistem pencernaan kita berhubungan erat dengan otak, pikiran kita. Sistem pencernaan adalah jendela pikiran kita. Dan, pencernaan kita tidak dirancang untuk mengolah makanan dengan baik waktu kita stress, tertekan. Ketika Anda makan saat marah, cemas, galau, tertekan, tubuh kita tida akan  mengolah makanan  dengan baik.

 

Jika Anda makan sambil menonton TV, berdiskusi, perhatian bukan pada proses makan yang seharusnya Anda berikan, disamping Anda tidak dapat menikmati makanan itu dengan baik, perut ada juga aka menanggapinya  demikian.

 

Seperti diketahui, saat stress, aliran darah ke sistem pencernaan berkurang, karena dalam keadaan demikian, aliran darah lebih banyak tercurah ke bagian  tubuh lain sebagai reaksi yang dikenal dengan “fight or filght”. Coba Anda makan waktu berjalan, saat berlari, perut Anda pasti tidak akan nyaman.

 

Dalam keadaan stress, bila hati, pikiran Anda tidak hadir dengan apa yang ada dipiring, suap demi suap yang Anda masukkan ke mulut, maka sistem pencernaan Anda jadi kacau balau, produksi enzim pencernaan, asam lambung  jadi tidak normal, peristaltik (gerakan) usus juga sama saja.

 

Anda tidak menyadari berapa banyak Anda makan, anda tidak merasakan refleks lapar atau kenyang Anda, akibatnya Anda cenderung makan terlalu sedikit atau sebaiknya makan berlebihan, sehingga keluhan-keluhan berkaitan dengan perut  kemudian Anda rasakan setelah itu.

Karena itu, makanlah santai, rileks, curahkan pikiran, perhatian Anda, hanya 20-30 menit, nikmatilah momen itu. Dan,semoga  kiat di bawah ini, dapat membantu Anda:

 

1. Sebelum makan tariklah nafas yang dalam beberapa kali, tenangkan pikiran Anda, fokus dengan makanan  yang ada di depan Anda, kemudian berdoalah. Rasulullah juga memberikan contoh doa yang baik sebelum Anda mulai makan.

 

2. Nikmati gigitan demi gigitan, suap demi suap yang anda masukkan dalam mulut anda. Fokus dengan rasa,  tekstur makanan itu. Kunyah sampai makanan itu lembut sebelum Anda telan. Ingat, nikmatnya makanan itu sebatas pangkal tenggorokan Anda. Kita dianjurkan mengunyah sampai 33 kali.

 

3. Setiap kali selesai menelan makanan, rehatlah sejenak, tarik nafas dalam, berterima kasihlah kepada Allah dengan rejeki yang anda nikmati itu. Insya Allah makanan itu jadi obat bagi Anda, bukan menjadi penyakit. (#irsyalrusad;  http://m.kompasiana.com/post/read/693102/2/akibat-makan-dalam-keadaan-stress.html)-FR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita